ARTIKEL

3 TIPS PILIH OBAT FLU YANG TEPAT UNTUK ANAK

Tuesday, 15 October 2019

SHARE      

3 Tips Pilih Obat Flu yang Tepat untuk Anak

Halodoc, Jakarta – Flu yang menyerang anak adalah kondisi yang tidak boleh dianggap sepele, dan harus ditangani dengan tepat. Pasalnya, penyakit yang satu ini sering memicu gejala yang bisa mengganggu dan membuat anak rewel. Salah satu pertolongan pertama yang bisa diberikan adalah obat pereda flu dan batuk yang bisa dibeli bebas.

Tapi jangan sembarangan, meski ada banyak jenis obat flu dan batuk yang dijual di pasaran, bukan berarti semuanya memiliki khasiat dalam meredakan gejala penyakit tersebut. Tak hanya itu, sembarangan dalam memilih jenis obat yang diberikan pada Si Kecil pun bisa berisiko fatal. Lantas, apa saja tips yang bisa diterapkan dalam memilih obat flu untuk anak?

Flu alias influenza adalah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi virus pada sistem pernapasan yang meliputi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu sering muncul dengan beberapa gejala yang khas, seperti demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, serta sakit tenggorokan. Pada anak-anak, penyakit ini bisa menyebabkan Si Kecil menjadi lebih rewel dan kehilangan nafsu makan.   

Anak-anak menjadi kelompok yang paling rentan terserang flu, karena sistem kekebalan tubuhnya masih belum bekerja dengan sempurna sehingga mudah terserang virus penyebab penyakit. Dalam satu tahun, anak-anak bisa saja terserang flu dan batuk hingga 9 kali. Sedangkan pada orang dewasa, flu biasanya hanya terjadi 2–4 kali saja. Tapi jangan khawatir, seiring berjalannya waktu, frekuensi anak terserang flu akan menurun.

Gejala-gejala yang muncul saat anak flu tidak hanya memicu rasa sakit, tapi juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jenis penyakit yang satu ini termasuk mudah menular dan cepat berkembang. Masa inkubasi virus penyebab flu tergolong singkat, sehingga bisa segera menimbulkan gejala sesaat setelah menyerang. Gejala flu bisa muncul hanya dalam satu hingga tiga hari setelah pertama kali terinfeksi.

Tips Memilih Obat Flu untuk Si Kecil

Sebenarnya, flu adalah jenis penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Gejala flu yang bersifat ringan biasanya akan mereda dalam 5–7 hari. Meski begitu, kondisi ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Ibu bisa membantu mengatasi flu pada anak dengan memberi obat pereda flu. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memilih jenis obat flu yang terbaik untuk anak!

  1. Sesuai Gejala

Memilih jenis obat untuk mengatasi flu yang menyerang anak sama sekali tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Salah satu hal yang harus dipastikan adalah, pilih jenis obat flu yang sesuai dengan gejala yang muncul. Misalnya, jika Si Kecil mengalami flu dan batuk, ibu bisa memilih jenis obat yang bisa mengatasi kedua gejala tersebut.

  1. Dosis yang Tepat

Pastikan memilih jenis obat sesuai dengan dosis yang dibutuhkan anak. Anggapan bahwa melebihkan dosis bisa membantu penyembuhan penyakit adalah hal yang sama sekali keliru, dan bisa memicu penyakit semakin buruk. Jangan pernah memberi Si Kecil obat pereda flu yang tidak sesuai dengan dosis.

  1. Aman dan terbukti

Meski dibeli bebas, bukan berarti ibu boleh sembarangan memilih jenis obat pereda flu untuk anak. Hal itu tidak hanya membuat flu tak kunjung sembuh, malah bisa memicu komplikasi atau kondisi tubuh Si Kecil semakin memburuk.

Untuk meredakan flu dan batuk pada anak, ibu bisa mengandalkan bodrexin Flu dan Batuk Sirup yang memiliki dua varian, yaitu bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE. Jika gejala flu yang muncul berupa demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk berdahak, ibu bisa memberikan bodrexin Flu & Batuk PE.

Bila gejala flu yang tidak disertai batuk berdahak bisa diatasi dengan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE. Selain punya rasa jeruk yang pasti disukai anak-anak, bodrexin Flu dan Batuk Sirup juga mengandung Phenylephrine (PE) yang aman bagi lambung anak-anak dan membantu melegakan hidung tersumbat.

Ibu bisa membeli bodrexin Flu dan Batuk Sirup untuk mengatasi sakit anak atau sebagai persediaan di rumah.

  BACA JUGA

Demam Tanda Daya Tahan Tubuh Anak Bagus?

Kebanyakan ibu khawatir bila anaknya mengalami demam, apalagi jika disertai dengan kejang-kejang. Maka itu, para ibu langsung mengukur suhu tubuh anak dengan termometer bila terasa lebih hangat dibanding biasanya.

Artikel11/10/2019

Cerita Berbo eps. 01 Mati Lampu

Yuk tonton episode pertama Cerita Berbo bersama si Buah Hati!

Artikel09/10/2019

Bayi Terserang Flu dan Batuk, Haruskah Minum Obat?

Sebenarnya bolehkah orangtua memberikan obat pada bayi yang mengalami flu dan batuk? Cari tahu faktanya di sini!

Artikel31/08/2019