ARTIKEL

8 TIPS MENGHINDARI FLU, BATUK, DAN PILEK SAAT MUSIM HUJAN DATANG

Friday, 25 September 2020

SHARE      

8 Tips Menghindari Flu, Batuk, dan Pilek Saat Musim Hujan Datang

Bunda, tak terasa saat ini kita sudah hampir berada di penghujung tahun, yang artinya kita juga akan menghadapi musim hujan yang akan datang. Mengingat bahwa kelembapan udara saat musim hujan merupakan kondisi terbaik bagi virus dan bakteri untuk berkembangbiak dengan pesatnya, sebagai orangtua tentu sudah wajib hukumnya untuk menjaga kesehatan Si Kecil dengan lebih baik lagi. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa angka persebaran virus COVID-19 masih sangat tinggi.

Tak perlu bingung dan panik berlebihan, yuk simak tips menghindari flu, batuk, dan pilek saat musim hujan datang berikut ini.

Tidak Membeli Jajan atau Camilan Sembarangan

Tahukah Bunda bahwa jajan sembarangan berisiko menambah masuknya kuman penyakit dalam tubuh Si Kecil, lho. Apalagi saat musim hujan, jajanan yang tidak dibuat atau dibungkus dengan higienis menjadi lebih rentan untuk tercemar akibat udara yang lembab. Untuk itu, yuk biasakan mereka untuk makan makanan rumah sejak dini. Tak perlu bingung, Bunda juga bisa lho membuat sendiri camilan sehat untuk anak di rumah bermodalkan dengan niat dan ilmu yang bisa Bunda dapatkan secara online. Agar lebih menyenangkan, ajak juga Si Kecil untuk turut serta membuatnya, ya. Lumayan nih, bisa jadi solusi kegiatan saat PSBB nanti.

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Seperti pada orang dewasa, kita juga harus memenuhi kebutuhan air Si Kecil setiap harinya. Kebutuhan air pada anak usia SD adalah sekitar 6 gelas sehari. Namun saat mereka demam akibat flu, sebaiknya Si Kecil bisa minum sampai sekitar 7 gelas sehari.Hal ini dikarenakan saat sakit tubuh akan butuh cairan yang lebih banyak. Oleh karena itu, selalu ingatkan dan pantau air yang mereka minum, ya. Bila tidak diingatkan bisa jadi si kecil akan lupa untuk minum setelah beraktivitas ataupun makan.

Memberikan Makanan Bernutrisi

Saat anak bermain di rumah atau di lingkungan komplek selama menjalani PSBB adalah saat di mana mereka akan terpapar virus dan bakteri dengan mudahnya. Belum lagi jika ada salah satu temannya yang sedang flu dan batuk, maka bisa dipastikan bahwa Si Kecil akan tertular dengan cepat, apalagi jika daya tahan tubuhnya sedang lemah. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan untuk selalu memberikan asupan makanan bergizi seperti sup ayam yang tidak hanya mampu membantu mencukupi kebutuhan cairan, tetapi juga nutrisi yang terkandung pada sayuran dan daging ayam yang ada di dalamnya.

Beristirahat Cukup

Tips menghindari flu, batuk, dan pilek saat musim hujan datang selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan istirahat Si Kecil setiap harinya. Jangan biarkan mereka kekurangan tidur akibat terlalu asyik bermain, pasalnya kurang tidur pada anak bisa menyebabkan berbagai masalah dimulai dari berkurangnya nafsu makan, mood yang buruk, hingga menurunnya daya tahan tubuh sehingga si kecil lebih mudah untuk terserang penyakit.

Menjaga Kelembapan Ruangan

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan dan kelembapan ruangan. Selain dengan membersihkan rumah secara teratur dari debu, Bunda juga bisa memasang humidifier di kamar anak untuk membantu agar ruangan tetap lembap sehingga Si Kecil bisa tidur dengan nyaman karena saluran pernapasannya tidak terganggu.

Siapkan Payung dan Jas Hujan

Sudah menjadi satu hal yang sangat wajib bagi orang tua untuk membekali perlengkapan seperti payung dan jas hujan bagi anak. Pilihlah payung dan jas hujan dengan ukuran serta desain yang menarik untuk anak-anak, misalnya tokoh animasi atau warna favoritnya. Dengan begini, Si Kecil pasti akan tetap semangat untuk beraktivitas di musim hujan.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selama masa pandemi belum berakhir, pastikan juga untuk selalu mengajak Si Kecil untuk menerapkan pola hidup sehat seperti:

  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir, terutama setelah bermain atau memegang benda tertentu.
  • Selalu menggunakan masker dan membawa hand sanitizer sebagai pengganti sabun dan air untuk menjaga tangan agar terbebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.
  • Menutup mulut menggunakan tisu sekali buang atau lipatan siku saat bersin dan batuk.
  • Olahraga bersama keluarga dan tidak jajan sembarangan.

Melengkapi Persediaan Obat-obatan di Rumah

Tindakan pencegahan memang sudah kita lakukan semaksimal mungkin, namun pasti ada saja saat di mana anak mulai mengalami gejala sakit, terutama flu dan batuk saat musim hujan. Karenanya, tips menghindari flu, batuk, dan pilek saat musim hujan berikutnya adalah dengan melengkapi persediaan obat-obatan untuk anak, seperti bodrexin Flu & Batuk PE yang mengandung Phenylephrine sebagai dekongestan yang aman bagi lambung anak, dan efektif untuk membantu melegakan hidung tersumbat.




Tak hanya itu saja, sediakan juga bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak. Kandungan Phenylephrine di dalamnya aman sebagai dekongestan, membantu melegakan hidung tersumbat secara efektif. Hadir dalam varian rasa jeruk, bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH membuat pengalaman minum obat jadi lebih menyenangkan bagi Si Kecil.




Selain kedua obat flu dan batuk ini, lengkapi juga persediaan obat Si Kecil di rumah dengan menyediakan bodrexin Pilek Alergi PE, sirup rasa jeruk dengan kandungan Phenylephrine yang aman sebagai dekongestan, membantu melegakan hidung tersumbat, dan meringankan pilek alergi serta bersin-bersin.

Yuk, beli ketiga varian obat flu dan batuk serta pilek alergi untuk Si Kecil ini secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada sekarang juga!

  BACA JUGA

Selain Obat Demam Anak, Apa Saja Obat yang Harus Bunda Sediakan di Rumah untuk Si Kecil?

Obat demam anak adalah hal penting yang wajib ada dalam kotak obat-obatan di rumah, terutama saat musim hujan dan selama pandemi COVID-19 belum berakhir.

Artikel25/09/2020

Fakta Penting Paracetamol: Obat Penurun Panas untuk Anak!

Memilih dan memberikan obat penurun panas untuk anak bukanlah satu hal yang bisa dilakukan secara sembarangan.

Artikel25/09/2020

Tips Memilih Obat Batuk Untuk Anak yang Suka Makan Manis

Hal ini akibat kandungan gula sederhana yang terkandung di dalam makanan manis bisa mengganggu sistem kekebalan tubuhnya. Jika sudah begini, mengubah pola makan anak dan memberikan obat batuk untuk anak adalah cara terbaik untuk meredakan batuknya.

Artikel21/08/2020