ARTIKEL

ALASAN FLU BISA BIKIN ANAK JADI DEMAM

Tuesday, 01 October 2019

Alasan Flu Bisa Bikin Anak Jadi Demam

Flu termasuk penyakit yang mudah menular di kalangan anak-anak. Flu disebabkan oleh infeksi virus influenza, bisa menyebar dengan cepat dari orang ke orang melalui percikan air liur (droplet) di udara. Si Kecil bisa tertular flu jika menyentuh hidung dan mulut, tepat setelah menyentuh benda yang terkontaminasi virus influenza. Gejala flu meliputi demam menggigil, sakit kepala, nyeri tubuh, mudah lelah, sakit tenggorokan, batuk kering, dan sesak napas.

Kenapa Flu Bikin Anak Demam?

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh anak melebihi 37 derajat celcius. Kondisi ini dapat membuat orangtua khawatir, apalagi jika demam disertai dengan kejang (kejang demam). Namun, ibu perlu tahu kalau demam bisa menjadi tanda bahwa tubuh Si Kecil sedang melawan infeksi penyakit, salah satunya virus influenza. Itu mengapa saat terinfeksi virus influenza, tubuh Si Kecil mengalami demam sebagai respons perlawanan tubuh.

Demam pada anak perlu mendapat perhatian khusus jika disertai dengan diare, muntah, kaku leher, gangguan pernapasan, kulit pucat, ruam kulit, nafsu makan berkurang, lemas, mulut kering, hingga kejang. Gejala ini menandakan bahwa Si Kecil mengidap penyakit serius seperti pneumonia, infeksi saluran kemih, dan infeksi telinga.

Bagaimana Mengatasi Flu pada Anak?

Flu pada anak bisa ditangani dengan konsumsi obat, seperti bodrexin Flu & Batuk PE atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE. Ibu bisa menyesuaikan dengan jenis batuk penyerta flu yang dialami Si Kecil.

Ibu juga perlu memastikan Si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup. Selama masa penyembuhan, berikan Si Kecil makanan yang mudah dicerna dan perbanyak asupan cairannya. Cool mist humidifier atau vaporizer bisa dipasang di kamar Si Kecil untuk menambah kelembaban dan membuatnya lebih mudah bernafas. Jika Si Kecil merasa tidak nyaman karena demam, berikan bodrexin Demam Sirup atau bodrexin Tablet.

Kedua jenis obat demam tersebut berfungsi untuk menurunkan demam, meredakan rasa nyeri dan demam setelah imunisasi, serta meredakan nyeri akibat sakit kepala atau sakit gigi. Hal yang membedakan adalah bentuk obat, batas usia, dan dosis yang diberikan. Obat bodrexin Demam Sirup bisa dikonsumsi oleh anak berusia 0 bulan sampai 12 tahun. Sedangkan, bodrexin Tablet bisa dikonsumsi oleh anak berusia 2-8 tahun. Berikan Si Kecil obat sesuai dosis yang dianjurkan, tertera pada kemasan produk.

Adakah Cara Mencegah Flu pada Anak?

Mengingat flu bikin anak demam, salah satu cara mencegah demam pada anak adalah dengan menghindari risiko penularan virus influenza. Bagaimana caranya?

  • Vaksinasi influenza, diberikan tiap tahun untuk semua anak yang sehat dari usia enam bulan.
  • Ajari Si Kecil cara mencuci tangan yang benar. Mencuci tangan pakai sabun sebelum makan atau menyentuh wajah bisa mengurangi risiko penularan virus influenza. Atau untuk berjaga-jaga, ibu bisa menyediakan hand sanitizer saat bepergian untuk membersihkan tangan Si Kecil.
  • Beritahu Si Kecil untuk menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk, baik menggunakan tangan, lengan, atau tisu. Jika menggunakan tangan, pastikan Si Kecil mencuci tangan setelahnya.

Itulah alasan flu bikin anak demam. Kalau Si Kecil mengalami demam tinggi dan tak kunjung membaik setelah tiga hari, jangan ragu berbicara dengan dokter.

  BACA JUGA

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Musim Kemarau Tiba, Mengapa Banyak Anak Alami Flu dan Batuk?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak anak mengalami flu dan batuk ketika musim kemarau tiba.

Artikel09/08/2023

Anak Bolak-balik Flu? Waspadai Penularan Flu dalam Rumah!

Ada beberapa alasan mengapa penularan flu sering terjadi di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah penularan flu di dalam rumah:

Artikel26/07/2023