ARTIKEL

CARA MEREDAKAN FLU DAN BATUK PADA ANAK SECARA ALAMI SAAT MUSIM HUJAN

Wednesday, 12 February 2020

SHARE      

Cara Meredakan Flu dan Batuk Pada Anak Secara Alami Saat Musim Hujan

Musim hujan tiba, biasanya penyakit juga mudah datang tanpa diundang, terutama pada anak-anak. Bahkan bisa dibilang kalau beberapa penyakit seperti flu, demam, batuk, dan bersin-bersin sudah menjadi langganan saat musim hujan dan membuat Si Kecil menjadi tidak nyaman. Kalau sudah begini, tentu sebagai orang tua kita akan merasa cemas dan resah kan, Moms? Tapi tenang, ternyata ada lho cara alami dan sederhana agar flu dan batuk anak tidak bertambah parah saat musim hujan ini. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Cuci tangan sesering mungkin. Tangan adalah media terbaik bagi para kuman untuk berpindah ke bagian tubuh lainnya. Mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer terutama sebelum makan atau setelah bermain di luar bisa mencegah anak terpapar penyakit.

2. Mandi dengan air hangat saat anak kehujanan. Mengapa? Sakit setelah kehujanan bisa dialami karena adanya perbedaan suhu tubuh. Ketika kepala terkena hujan, bagian kepala menjadi lebih dingin dari bagian tubuh lain. Tubuh lalu bereaksi melawan perbedaan tersebut. Tidak heran kita bisa merasa pusing jika hanya kehujanan di bagian kepala saja. Mandi air hangat dan membilas kepala dapat mengembalikan keseimbangan panas tubuh.

3. Mencukupi kebutuhan air Si Kecil. Dehidrasi dapat mengakibatkan daya tahan tubuh anak menurun hingga mudah terserang sakit. Saat anak mulai terserang flu dan batuk, pastikan mereka minum air putih secara cukup untuk melegakan tenggorokan, mengurangi lendir, dan membantu sel tubuh melawan kuman dan virus yang menyebabkan flu dan batuk.

4. Jauhkan anak dari orang yang terpapar penyakit. Misalnya jika ada kerabat yang sakit, Moms sebaiknya tak mengajak Si Kecil untuk ikut menjenguk ke rumah sakit. 

5. Mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil. Caranya adalah dengan memberikan beragam variasi makanan sehat yang mengandung semua komponen nutrisi yang ia butuhkan mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan sebagainya. Jika perlu, berikan vitamin tambahan. Nutrisi yang cukup adalah kunci kuatnya daya tahan tubuh anak.

6. Memastikan waktu istirahat anak. Anak memang cenderung tidak bisa diam dan selalu aktif, namun pastikan ia juga  beristirahat dengan baik. Tidak hanya tidur dengan nyaman di malam hari, tetapi juga penuhi kebutuhan tidur siang yang cukup. Tidur yang berkualitas membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

7. Bekali selalu anak dengan payung dan baju hangat kemana pun ia pergi. Pakaian tebal menjaga badannya tetap hangat meski cuaca di luar dingin dan angin berhembus kencang. 

8. Redakan batuk dengan madu dan jahe. Madu dan jahe merupakan bahan alami yang bisa Moms manfaatkan untuk membantu meredakan batuk pada anak. Caranya adalah dengan memberikan madu dan perasan jahe yang sudah diparut sebelum tidur di malam hari agar Si Kecil tetap tidur dengan nyenyak.


bodrexin Herbal Batuk

Namun, jika anak kurang suka dengan rasa jahe yang cukup kuat, Moms bisa menggantinya dengan cara memberikan obat batuk yang terbuat dari bahan alami seperti bodrexin Herbal Batuk yang mengandung bahan alami seperti daun Thymi, Madu dan Jahe. Rasa manis di dalamnya tentu disukai anak-anak sehingga momen minum obatnya menjadi lebih menyenangkan.


bodrexin Herbal Batuk

Tak hanya madu dan jahe, bodrexin Herbal Batuk juga mengandung 7 Bahan Herbal Pilihan lainnya yang mampu membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan Si Kecil, sehingga mereka bisa tetap beraktivitas dan tidur dengan nyaman. Misalnya saja seperti kandungan minyak esensial yang terkandung dalam daun Thymi yang sering digunakan sebagai obat batuk alami. Ditambah lagi dengan kemasan sachetnya yang membuat obat ini menjadi sangat praktis untuk dibawa dan juga tepat ukuran atau dosis sekali minum. Cocok juga untuk melengkapi persediaan obat di rumah nih, Moms. Sudah ada sertifikasi halalnya juga, lho!

  BACA JUGA

Tips Mewaspadai Flu Pada Anak dan Cara Menjelasan Covid-19 Secara Sederhana Pada Si Kecil

Pandemik COVID-19 memang sukses menimbulkan kepanikan di berbagai kalangan masyarakat. Pasalnya, fenomena inilah yang menjadi ancaman besar bagi kesehatan masyarakat luas mulai

Artikel16/05/2020

Tips Memilih Obat Batuk untuk Anak yang Cocok Selama Physical Distancing

Sebagai orangtua siaga dan waspada, memahami tips memilih obat batuk untuk anak tentu menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan anak selama #dirumahaja.

Artikel14/05/2020

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk Ketika Anak Belajar Berpuasa

Moms, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa berpuasa menahan lapar dan haus selama bulan Ramadan memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh manusia

Artikel13/05/2020