ARTIKEL

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENGAJAK BUAH HATI MAIN DI OUTDOOR

Saturday, 23 December 2017

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajak Buah Hati Main Di Outdoor

Apakah Moms tipe ibu yang khawatir jika buah hati bermain kotor-kotoran sehingga enggan membawanya keluar ruangan? Jika demikian, sudah saatnya Moms mengubah kebiasaan ini. Sebab, bermain di luar ruangan punya banyak sekali manfaat baik untuk buah hati. Misalnya saja buah hati dapat  mengeksplorasi lingkungan sekitar, mengembangkan kekuatan dan koordinasi otot, kemampuan motorik halus dan kasar, fleksibilitas, dan juga kepercayaan diri. Sinar matahari juga bagus untuk menyehatkan tulang dan mengatasi beberapa jenis alergi.

Jadi, sebenarnya mengajak anak bermain di luar ruangan justru sangat penting dan harus Moms lakukan sesekali. Hanya saja, sebelum bermain di luar ruangan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya anak merasa nyaman dan tetap sehat.

Survei lokasi
Pertama, Moms harus melakukan survei lokasi tempat buah hati bermain dulu. Memang lebih nyaman jika anak bermain di halaman rumah atau taman bermain outdoor khusus anak. Namun jika Moms berniat mengajak buah hati ke taman kota yang terbuka untuk umum juga tidak apa kok. Hanya saja lakukan survei sebelumnya, misalnya kapan waktu taman tersebut tidak terlalu ramai, apakah banyak pengunjung yang merokok, dan lain sebagainya. Dengan begitu Moms benar-benar yakin bahwa buah hati merasa nyaman saat bermain nanti.

Perhatikan waktu bermain
Waktu bermain di luar ruangan yang baik adalah pada pagi hari. Saat udara relatif masih segar dan sinar matahari juga sehat. Misalnya pada kisaran pukul 07.00 – 09.00. Durasi bermain juga tidak perlu terlalu lama, apalagi jika anak masih berusia 3 tahun ke bawah, maksimal waktu 30 menit sudah lebih dari cukup. Namun jika anak memang masih merasa ingin bermain dan cuaca juga mendukung, boleh saja bermain lebih lama.

Outfit yang nyaman
Kenakan buah hati pakaian yang nyaman. Pastikan bahan bajunya adem dan menyerap keringat. Jika Anda ingin memakaikan kaus tanpa lengan dan celana pendek, gunakan dulu lotion atau spray anti nyamuk pada anak. Sementara untuk sandal, gunakan sepatu sandal atau sepatu tertutup agar anak bisa bergerak bebas. Hindari menggunakan sandal jepit karena anak yang masih kecil bisa saja tersandung saat berlarian. Tidak menggunakan alas kaki juga tak masalah, namun pastikan area bermain anak tidak ada pecahan benda tajam.

Bekal ukuran 'one bite'
Bawa camilan selama bermain atau piknik bersama anak. Hindari bekal yang terlalu berat karena akan merepotkan dan tidak menarik untuk buah hati. Lebih baik, siapkan bekal dalam ukuran one bite. Misalnya saja sushi, sosis mini, buah potong, atau roti yang sudah dipotong kecil-kecil.

Perhatikan kebersihan dan kesehatan
Bermain di luar ruangan memang rentan dengan kotoran. Baik yang menempel di baju ataupun tubuh buah hati. Tidak apa-apa kok Moms, terkena kuman dalam batasan tertentu justru bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak. Hanya saja, jangan lupa membersihkannya setelah selesai bermain. Ganti pakaian anak dengan yang bersih, bersihkan tangan dan kakinya dengan tisu basah. Awasi anak agar jangan sampai memasukan sesuatu ke mulut atau makan dengan tangan kotor. Moms, juga bisa membawa plester untuk berjaga-jaga jika si buah hati terluka saat sedang bermain. Segera mandikan anak setelah tiba di rumah ya.

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022