ARTIKEL

KARAKTERISTIK DAN CIRI CIRI DEMAM CAMPAK

Friday, 22 September 2017

Karakteristik dan Ciri Ciri Demam Campak

Jika anak Anda tiba-tiba demam, batuk kering, matanya merah, dan muncul ruam kemerahan pada kulit seluruh tubuhnya, waspadai kemungkinan penyakit campak! Campak diakibatkan oleh infeksi virus yang sangat mudah menular. Namun setelah anak sembuh, ia akan memiliki kekebalan tubuh akan virus ini, sehingga ia nggak akan sakit campak lagi seumur hidup! Vaksinasi juga dapat membantu melindungi anak dari campak, dan biasanya diberikan di usia 9 bulan.

Ciri-ciri demam :

  • Awalnya ringan : Gejala awal campak biasanya tidak disadari, karena sangat umum dan ringan. Demam yang dirasa hanya ringan hingga sedang, disertai batuk pilek terus-menerus, sakit tenggorokan, radang kemerahan pada mata, sampai diare. Gejala ini bisa berlangsung dua sampai tiga hari.
  • Demam tinggi bersama dengan timbulnya ruam : Demam bisa mencapai 40 ?C bersamaan dengan mulai timbulnya ruam merah kecil-kecil rapat yang menyebar dari wajah, belakang telinga, ke lengan, hingga seluruh tubuh.

Di sisi lain, karena tidak ada obat yang bisa membunuh virus penyebab campak, maka dokter hanya akan menganjurkan agar :

  • Anak istirahat total untuk mendukung proses penyembuhan alami dengan daya tahan tubuhnya sendiri.
  • Diisolasi agar tidak menulari teman atau keluarga terutama  yang belum diimunisasi campak.
  • Memberikan obat yang bisa meringankan gejala yang muncul.
  • Untuk mengurangi demam, bisa diberikan obat yang mengandung Paracetamol, seperti  bodrexin Demam Sirup penurun panas.
  BACA JUGA

Karakteristik Demam Campak

Penyakit yang sering menyering anak-anak tersebut memiliki gejala fisik yang khas sehingga mudah untuk Mom deteksi.

Artikel22/11/2017