ARTIKEL

MEMBEDAKAN BATUK KARENA VIRUS DAN BATUK ASMA

Friday, 22 December 2017

SHARE      

Membedakan Batuk karena Virus dan Batuk Asma

Penyakit batuk adalah penyakit yang cukup umum menyerang banyak orang, baik dewasa maupun anak-anak. Penyakit ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Selain itu, batuk juga bisa disertai dengan penyakit lainnya seperti flu. Nah, jika orang dewasa saja merasa terganggu dengan penyakit ini, bayangkan bagaimana tidak nyamannya jika buah hati yang terserang batuk.

Namun sebelum mengobatinya, pastikan dulu Moms bisa membedakan jenis batuk yang diderita buah hati, apakah batuk karena infeksi virus atau batuk karena buah hati memiliki penyakit asma. Bagaimana membedakannya?

Bedakan suara batuk
Suara pada batuk virus menyerupai suara gonggongan anjing, sedangkan pada batuk asma suara batuk terdengar ‘kering’ meskipun sebenarnya terdapat lendir dalam saluran penapasan. Batuk asma juga biasanya mengeluarkan bunyi ‘ciutan’ yang khas setiap kali penderitanya menarik napas, khususnya setelah batuk yang diakibatkan menyempitnya saluran pernapasan. Jadi perhatikan suara batuk buah hati ya, Moms!

Bagian yang diserang
Cek lokasi rasa tidak nyaman buah hati. Batuk karena virus, umumnya menyerang bagian saluran pernafasan atas, terutama pita suara dan batang tenggorokan. Hal ini menyebabkan buah hati biasanya tidak nyaman di bagian leher. Sementara, asma adalah peradangan kronis area paru-paru, yang berada di saluran pernafasan bagian bawah sehingga menyebabkan rasa sakit pada bagian dada.

Kegunaan batuk
Batuk bisa juga dibedakan menjadi batuk produktif dan tidak produktif. Batuk produktif artinya buah hati mampu mengeluarkan lendir sehingga paru-paru bisa melepaskan diri dari zat berbahaya. Namun yang seringkali terjadi pada penderita batuk asma adalah batuk nonproduktif karena disebabkan oleh inflamasi (peradangan) dan penyempitan saluran pernapasan. Buah hati hanya akan batuk dan merasa kesakitan tanpa bisa mengeluarkan lendir (karena terlalu kental). Batuk tidak produktif inilah yang sering dialami penderita asma.

Pengobatan dan penyembuhan
Batuk karena virus biasanya akan sembuh setelah beberapa waktu dengan pengobatan yang tepat. Moms bisa memberikan bodrexin Flu dan Batuk PE atau bodrexin Flu dan Batuk Tidak Berdahak PE jika buah hati menderita flu disertai batuk. Namun jika buah hati memang menderita batuk asma, dokter akan memberikan obat khusus. Batuknya sendiri akan mereda dan sembuh, namun penyakit asma akan menetap di tubuh. Sifatnya seperti alergi yang bisa muncul kembali sewaktu-waktu jika terpapar pemicu tertentu seperti debu, asap rokok, dan udara yang kotor.

  BACA JUGA

Cerita Berbo eps. 01 Mati Lampu

Yuk tonton episode pertama Cerita Berbo bersama si Buah Hati!

Artikel09/10/2019

4 Tips Liburan Saat Anak Flu dan Batuk

Liburan sekolah anak tahun ini jatuh di awal musim kemarau, di mana cuaca terasa sangat panas di siang harinya.

Artikel02/07/2019

Gerak Ceria Berbo

Ajak si Buah Hati mengikuti Gerak Ceria Berbo yuk Moms!

Artikel30/06/2019