ARTIKEL

MENGAPA ANAK BISA DEMAM SAAT TUMBUH GIGI

Friday, 08 June 2018

Mengapa Anak Bisa Demam Saat Tumbuh Gigi

Ketika Buah Hati memasuki usia antara empat sampai 16 bulan, ia akan mengalami fase tumbuh gigi. Terkadang juga ada Buah Hati yang berusia dua tahunan yang masih mengalami tumbuh gigi. Dibandingkan fase pertumbuhan lainnya, fase tumbuh gigi dapat membuat Buah Hati merasa kurang nyaman.  Tanda-tandanya antara lain, Buah Hati menjadi lebih sensitif, rewel, sering mengeluarkan liur, lalu senang memasukkan benda ke mulut dan mengunyahnya. Selain pertanda tersebut, tak jarang Buah Hati yang sedang tumbuh gigi juga terkena demam yang tergolong ringan, dengan suhu di bawah 38 derajat Celcius. Apa yang jadi penyebabnya?

Pada proses tumbuh gigi, gigi pertama bayi yang sering kita sebut gigi susu, akan menembus mukosa gusi. Menurut dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC, yang dikutip dari laman motherandbaby.co.id, kondisi ini menyebabkan metabolisme  tubuh meningkat dan sering dianggap orangtua sebagai demam ringan. Selain itu, drg. Ayu Achari seperti yang dilansir dari laman haibunda.com mengatakan, saat Buah Hati memasukkan benda asing ke mulut seperti mainan atau jarinya yang kurang higienis, hal ini bisa menimbulkan infeksi baru yang membuat demam. Gusi yang ditumbuhi gigi baru juga bisa terluka. Jika terpapar dengan kuman maka rentan juga terjadi bengkak dan radang gusi.

Moms bisa mengurangi rasa sakit yang diderita Buah Hati dengan beberapa tips mudah. Yang pertama, coba tekan lembut bagian gusinya dengan sendok khusus anak yang sudah didinginkan di kulkas terlebih dahulu. Selain itu Moms juga bisa memberikannya mainan teether lunak yang sudah didinginkan di kulkas. Sensasi dingin ini dapat berguna mengurangi rasa tak nyaman pada gusi Buah Hati. Selanjutnya, berikan bodrexin Demam Sirup yang mengandung Parasetamol. Kandungan paracetamolnya efektif untuk menurunkan demam dan rasa nyeri saat si Buah Hati tumbuh gigi. bodrexin, dunianya cerah kembali.

  BACA JUGA

Anak-anak Bisa Demam Akibat Kelelahan, Ini yang harus Moms Lakukan!

Demam akibat kelelahan sebenarnya bukan hal yang mengkhawatirkan apabila segera ditangani dengan cepat dan tepat. Moms bisa melakukan cara berikut ini

Artikel14/06/2023

Anak Demam Naik Turun, Apa Hal yang Perlu Moms Perhatikan?

Anak Demam yang naik turun biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Moms bisa lakukan 6 hal berikut saat Si Kecil demam naik dan turun.

Artikel03/02/2023

Penyebab Anak Demam Saat Liburan ke Tempat yang Dingin

Anak demam akibat perubahan cuaca yang cukup ekstrim, terutama di malam hari. Jika sudah begini, bagaimana cara mengatasinya ya, Moms?

Artikel09/12/2022