ARTIKEL

PANDEMIK BELUM BERLALU, TETAP WASPADA PENYEBAB DAN GEJALA FLU DISERTAI BATUK PADA ANAK

Monday, 11 May 2020

Pandemik Belum Berlalu, Tetap Waspada Penyebab dan Gejala Flu Disertai Batuk Pada Anak

Penyebab dan gejala flu disertai batuk pada anak adalah hal yang penting untuk kita pahami selama pandemik belum berlalu. Langkah awal yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kebersihan dan kelembapan udara di rumah agar tetap normal, sehingga virus dan bakteri penyebab flu dan batuk tidak dapat berkembang biak. Agar lebih waspada, simak penyebab dan gejala flu yang mungkin terjadi pada anak berikut ini.

Penyebab Flu Pada Anak

Bisa dibilang bahwa flu dan batuk adalah penyakit yang paling sering dialami oleh anak-anak. Penyebabnya pun antara lain:

  • Kurangnya istirahat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh dan membuat anak lebih mudah terserang flu dan batuk
  • Sentuhan tangan pada benda yang terpapar langsung dengan virus
  • Tingkat kelembapan udara yang tinggi di rumah memungkinkan virus dan bakteri berkembang biak dengan pesat.
  • Alergi
  • Udara kering dan dingin yang memicu saraf di hidung untuk mengeluarkan cairan.
  • Debu dan polusi jalanan
  • Tertular orang lain melalui percikan lendir saat bersin

Gejala Flu pada Anak

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga mengalami gejala flu yang hampir sama, seperti:

  • Bersin-bersin
  • Hidung tersumbat dan mengeluarkan cairan
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk berdahak dan tidak berdahak

Jika Si Kecil mulai mengalami beberapa gejala flu di atas, segera berikan obat seperti bodrexin Flu & Batuk PE jika flu Si Kecil disertai batuk berdahak atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE yang hadir dalam sirup rasa jeruk yang disukai anak-anak mengandung Phenylephrine (PE) untuk meringankan hidung tersumbat sehingga anak bisa beristirahat dengan nyaman. Pastikan juga bahwa mereka memiliki waktu istirahat yang cukup dan mendapatkan asupan nutrisi melalui sayuran hijau dan buah-buahan setiap harinya.

Penyebab dan gejala flu pada anak di atas tentu bisa dicegah dengan cara menerapkan pola hidup sehat pada anak, terutama selama pandemik. Tak kalah pentingnya juga, ajak Si Kecil untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih sebagai bentuk pencegahan paling sederhana yang bisa dilakukan selama #dirumahaja.

Yuk, lengkapi persediaan obat anak dengan membeli bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE melalui E-commerce kesayangan Bunda seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia selama social dan physical distancing agar lebih aman dan nyaman, ya!

  BACA JUGA

Fakta Minum Air Hangat untuk Mengatasi Flu dan Batuk pada Anak

Air hangat memicu produksi saliva lebih banyak yang mampu membantu melubrikasi tenggorokan, sehingga tenggorokan terasa lebih nyaman saat flu dan batuk.

Artikel17/08/2022

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Mengatasi Flu dan Batuk pada Anak

Ternyata mandi air hangat bisa memberikan manfaat yang cukup baik bagi tubuh anak saat sedang sakit. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan lebih lanjutnya berikut ini.

Artikel27/07/2022

Flu dan Batuk Pada Anak Sering Terjadi, Infeksi atau Alergi, Ya?

Pentingnya mengetahui penyebab flu dan batuk pada anak adalah langkah awal yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi flu dan batuk pada Si Kecil

Artikel05/07/2021