ARTIKEL

PERLUKAH MEMBERIKAN VAKSIN FLU UNTUK BUAH HATI ?

Monday, 26 March 2018

Perlukah Memberikan Vaksin Flu untuk Buah Hati ?

Mungkin Moms bertanya-tanya apakah Buah Hati  Anda memerlukan vaksin flu? Sebenarnya vaksin tersebut diberikan pada balita di bawah usia 2 tahun guna menghindari infeksi virus influenza yang jika tertular akan diderita lebih parah dan cenderung menyebabkan komplikasi, dibandingkan jika diderita oleh orang dewasa. Karena alasan tersebut, pemerintah menganjurkan pemberian vaksin influenza berupa Trivalent Inactivated Influenza (TIV) pada Buah Hati  Anda, terutama dalam kisaran usia 6 bulan sampai 2 tahun. Vaksin TIV ini biasanya diberikan sekitar bulan September hingga Oktober.

Vaksin influenza yang saat ini sudah tersedia adalah vaksin untuk virus influenza A (H1N1), A (H3N2), dan virus influenza tipe B. Pemberian kedua jenis vaksin ini sendiri merupakan rekomendasi langsung dari World Health Organization (WHO) kepada tiap-tiap negara, tidak terkecuali Indonesia.

Manfaat Pemberian Vaksin Influenza
Data menunjukkan sekitar 20% anak-anak dan 5% dewasa di seluruh dunia mengalami infeksi influenza A atau B yang simtomatik setiap tahun. Gejala yang timbul tidak hanya flu & batuk melainkan diikuti atau dapat diperparah dengan adanya komplikasi atau penyakit penyerta yaitu; demam tinggi (hiperpireksia), kejang, bronkiolitis, miositis, pneumonia, asma, jantung bawaan, penyakit defisiensi imun, penyakit ginjal kronik, hemoglobinopati dan kelainan metabolik. Oleh karena itu, pemberian vaksin influenza pada Buah Hati bertujuan untuk mencegah influenza berat dan komplikasi yang mungkin timbul bersamaan atau nantinya.

Cara Pemberian Vaksin
Ada 2 metode pemberian vaksin influenza yaitu melalui suntik/injeksi dan spray pada hidung. Perbedaan antara kedua metode pemberi vaksin tersebut yaitu; vaksin yang diberikan melalui injeksi mengandung virus yang tidak aktif atau mati. Sedangkan vaksin melalui spray hidung berisi virus hidup yang lemah. Biasanya setelah pemberian vaksin tubuh segera akan merasakan reaksi membentuk benteng pertahanan (imun) yang siap melawan virus flu.

Tanpa Pemberian Vaksin
Pemberian vaksin influenza mungkin lebih diperlukan untuk Buah Hati yang kondisinya tergolong mudah sakit karena imunitasnya rendah. Untuk mendukung Buah Hati agar bisa membangun imunitas sendiri terhadap flu seiring berjalannya waktu, pastikan keluarga Moms menjaga perilaku hidup sehat, konsumsi gizi empat sehat lima sempurna, serta menghindari hal-hal penyebab penyakit. Moms bisa percayakan bodrexin Flu & Batuk untuk meredakan gejala flu dan batuk Buah Hati! bodrexin Flu & Batuk tersedia 2 varian yaitu untuk flu dan batuk berdahak serta flu dan batuk tidak berdahak dan memiliki rasa jeruk manis yang disukai anak-anak!

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022