ARTIKEL

TAHAP GEJALA BATUK DAN PILEK PADA ANAK

Monday, 19 February 2018

Tahap Gejala Batuk dan Pilek Pada Anak

Apakah Moms pernah kesulitan menebak jika Buah Hati terkena flu tanpa batuk ataukah hanya flu disertai batuk? Kedua jenis penyakit saluran napas ini memang memiliki gejala yang serupa. Untuk gejala flu & batuk, biasanya hanya dirasakan sekitar satu minggu, dan dapat diidentifikasi dari tahapan berikut ini:

Tahap pertama (Hari 1-2) : Kelelahan, bersin, tenggorokan sakit atau gatal
Buah Hati yang kelelahan bisa ditandai dengan perubahan perilaku seperti menjadi agak lebih rewel dan tidak selincah biasanya. Ini karena tubuhnya sedang berjuang melawan kuman penyebab flu & batuk. Selain itu jika ia menolak makan, mungkin disebabkan tenggorokannya yang mulai terasa sakit atau gatal. Pastikan Buah Hati beristirahat dengan maksimal agar tak kelelahan dan memperburuk gejala ini.

Tahap kedua (Hari 3-5): Hidung tersumbat dan batuk
Setelah gejala bersin dan sakit tenggorokan, 3 hari kemudian biasanya akan diikuti dengan hidung meler atau tersumbat sebagai reaksi imun, di mana saluran napas akan memproduksi lendir berlebih dengan warna kuning atau kehijauan. Setelah bersin dan sakit tenggorokan mereda, kemudian akan timbul batuk akibat akumulasi lendir di belakang hidung dan tenggorokan.

Tahap ketiga (Hari 6-7): Gejala mereda
Jika Buah Hati cukup istirahat dan cukup gizinya, ia akan mampu sembuh dari flu & batuk ini tanpa perawatan intensif. Cukup diberi obat seperti bodrexin Flu & Batuk PE, yang mengandung Phenylephrine yang berfungsi sebagai dekongestan pembasmi lendir berlebih dan melegakan hidung tersumbat. Meskipun demikian, pada beberapa kasus gejala flu & batuk bisa bertahan atau bahkan lebih parah. Jika selepas satu minggu tak kunjung membaik, segeralah berkonsultasi ke dokter ya Moms.

  BACA JUGA

Musim Kemarau Tiba, Mengapa Banyak Anak Alami Flu dan Batuk?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak anak mengalami flu dan batuk ketika musim kemarau tiba.

Artikel09/08/2023

Anak Sering Flu dan Batuk di Musim Pancaroba? Pahami 5 Fakta Ini Agar Orangtua Tidak Gampang Panik

Musim pancaroba, seringkali menjadi waktu di mana anak-anak lebih rentan mengalami flu dan batuk. Berikut adalah lima fakta yang perlu diketahui.

Artikel12/06/2023

Saat Anak Mengalami Flu dan Batuk, Haruskah Mereka Tetap Masuk Sekolah?

Alih-alih tetap membiarkan anak masuk sekolah saat mengalami flu dan batuk, berikut ini beberapa hal yang bisa Moms lakukan di rumah.

Artikel14/12/2022