ARTIKEL

ANAK FLU & BATUK SAAT PUASA? LAKUKAN INI!

Monday, 29 May 2017

Anak Flu & Batuk saat Puasa? Lakukan Ini!

Sungguh baik jika Buah Hati Anda yang sudah menginjak usia sekolah ingin berpuasa bahkan bertekad untuk berpuasa penuh. Namun jika di tengah ibadahnya Sakit Flu Batuk mulai mengganggu, apa yang harus dilakukan? Anda bisa bantu Buah Hati dengan beberapa tips tradisional berikut agar sebisa mungkin puasa anak tak batal :

  • Oleskan essential oil
    Ada beberapa essential oil yang bisa bantu meredakan gejala sakit flu batuk walau hanya dioles dari luar. Contohnya essential oil dari campuran bahan eukaliptus, peppermint, dan thyme. Oleskan ke bagian dada dan perut Buah Hati tersayang.
     
  • Perbanyak minum
    Mengingat saat flu & batuk anak akan lebih sering membuang cairan lewat ingus, dahak, dan keringat, lebih baik sebelum imsak kita memberi Buah Hati air yang cukup. Sejak berbuka hingga waktunya sahur, perhatikan seberapa banyak asupan air agar nantinya ia tidak dehidrasi. Jika Buah Hati ogah minum air putih, Moms boleh mencoba memberikannya teh hangat (lebih baik jika dicampur madu dan lemon), jus buah-buahan segar atau pudding dengan saus
     
  • Menghirup uap panas
    Salah satu cara praktis untuk meredakan hidung tersumbat tanpa takut puasa batal adalah dengan menghirup uap dari air panas yang dicampur bahan yang punya efek dekongestan (mengencerkan dahak) seperti essential oil peppermint, New Zealand tea tree, atau rosemary. Jika Moms memiliki diffuser, alat ini juga bisa digunakan untuk memudahkan anak menghirup uap essential oil ini.
     
  • Harus banyak istirahat
    Buah Hati yang tertidur pulas menunjukkan bahwa tubuhnya sedang mengalami penyembuhan. Dorong ia agar segera tidur siang sepulang sekolah agar ia cepat sembuh dari flu & batuk yang dideritanya. Moms juga perlu memastikan agar ruangan tempat ia beristirahat bersih dari debu dan temperaturnya tidak terlalu dingin agar sakitnya tak menjadi-jadi.
     
  • Mandi air hangat
    Jika Buah Hati mulai demam, jangan panik. Bimbing dia agar mandi air hangat atau lap dengan spons atau waslap. Cara ini bisa membuatnya lebih nyaman karena tubuhnya jadi lebih dingin. Setelah itu Anda juga bisa mengompresnya sesuai kebutuhan untuk menjaga suhu di kepala tak terlalu tinggi.
     

Walaupun sedang sakit flu dan batuk, bukan tidak mungkin Buah Hati tetap berpuasa. Namun tentunya jika ia tak tahan, maka tak usah dipaksakan berpuasa penuh, Moms! Redakan gejala sakitnya dengan bodrexin Flu & Batuk PE sirup dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak!

(2-12 tahun)

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022