ARTIKEL

ANAK SUSAH KELUARKAN INGUS, INI YANG IBU LAKUKAN

Tuesday, 22 October 2019

SHARE      

Anak Susah Keluarkan Ingus, Ini yang Ibu Lakukan

Hidung tersumbat mengganggu jalan napas, sehingga banyak orangtua khawatir jika kondisi ini menimpa anaknya. Jika hidung tersumbat terjadi pada bayi, ia hanya bisa rewel tanpa mengetahui penyebab ketidaknyamanan, sehingga ibu perlu membantunya. Hidung tersumbat bukan hanya disebabkan karena penumpukan cairan hidung atau ingus, melainkan juga pembengkakan pada hidung, pembuluh darah, dan jaringan hidung lain.

Bayi mudah terserang flu karena daya tahan tubuhnya belum terbentuk sempurna. Salah satu gejala flu adalah pilek alias keluarnya ingus dari dalam hidung Si Kecil. Apabila ingus menumpuk dan tidak dikeluarkan, hidung Si Kecil berpotensi tersumbat dan membuatnya kesulitan bernapas. Selain karena infeksi, paparan asap rokok dan polusi juga sering memicu iritasi saluran pernapasan pada bayi dan anak-anak dengan salah satu keluhannya berupa hidung tersumbat.

Bantu Si Kecil Membuang Ingusnya

Bayi dan anak-anak belum mampu membuang ingusnya sendiri. Ia membutuhkan bantuan ibu untuk mengatasinya. Ada dua cara yang bisa ibu lakukan untuk mengeluarkan ingus Si Kecil:

1. Sedot Ingus Si Kecil

Siapkan wadah untuk membuang ingus, lalu isap ingus dari hidung Si Kecil secara perlahan menggunakan aspirator (alat isap cairan hidung) atau infant nasal bulb (sejenis pipet kecil). Caranya, pencet bagian menggembung pada alat dan masukkan pipet ke dalam lubang hidung, lalu lepaskan bagian yang menggembung. Ingus akan tersedot ke dalam alat dan membuat Si Kecil terbebas dari hidung tersumbat.

2. Gunakan Cairan Saline

Saline adalah air garam steril yang banyak dijual di apotek. Baringkan Si Kecil dan dongakkan kepalanya, kemudian teteskan cairan saline sebanyak 2-3 kali ke masing-masing lubang hidung. Tunggu sekitar 60 detik hingga lendir keluar dengan sendirinya.

3. Rutin Bersihkan Ingus di Area Luar Hidung

Bersihkan ingus di area luar hidung menggunakan tisu atau kapas yang sudah dibasahi sedikit air hangat. Cara ini membuat ingus mengeras, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

4. Gunakan Mesin Pelembap Udara (Humidifier)

Humidifier membuat udara di ruangan menjadi hangat dan lembap, sehingga lendir tidak mengeras di dalam hidung. Jika cara ini belum berhasil, gunakan nebulizer untuk mengatasi lendir yang menggumpal di dalam hidung.

5. Atur Posisi Tidur Si Kecil

Atur posisi tidur Si Kecil agar ia lebih nyaman saat hidungnya tersumbat. Tinggikan posisi kepala Si Kecil untuk memudahkannya menghirup udara. Posisi ini juga mencegah lendir menggumpal di dalam hidung. Selain itu, ibu bisa membantu mengeluarkan lendir yang tersumbat dengan menepuk-nepuk punggung Si Kecil secara perlahan.

6. Cukupi Kebutuhan Cairan Si Kecil

Jika usia Si Kecil sudah dapat diberikan MPASI, berikan ia sup hangat untuk membuatnya merasa lebih baik. Namun jika usianya belum cukup untuk diberikan MPASI, sebaiknya cukup berikan ASI atau susu formula.

7. Jaga Udara Rumah Tetap Bersih

Udara kotor dan iritan seperti asap rokok membuat saluran pernapasan Si Kecil meradang, serta memperparah hidung tersumbat yang dialaminya. Itulah mengapa saat Si Kecil sedang pilek atau flu, jaga kebersihan udara rumah dan jauhkan Si Kecil dari paparan asap rokok atau zat iritan lain.

8. Minum Obat

Ada tiga jenis obat yang bisa dikonsumsi Si Kecil saat mengalami hidung tersumbat akibat pilek atau flu. Jika hidung tersumbat disebabkan pilek alergi, ibu bisa membeli bodrexin Pilek Alergi PE. Jika hidung tersumbat akibat flu yang disertai batuk berdahak, berikan Si Kecil bodrexin Flu & Batuk PE atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE jika batuk Si Kecil tidak berdahak. Obat-obatan tersebut mengandung Phenylephrine (PE) yang membantu melegakan hidung tersumbat, aman sebagai dekongestan dan juga aman bagi lambung anak-anak. Gunakan obat sesuai yang dianjurkan, tertera pada kemasan produk.

Itulah cara mengeluarkan ingus anak dengan mudah. Kalau ibu masih kesulitan mengeluarkan ingus Si Kecil, jangan ragu bertanya pada dokter.

 

Sources:

https://www.webmd.com/parenting/baby/features/baby-stuffy-nose
https://www.motherandbaby.co.uk/baby-and-toddler/baby-and-toddler-health-advice/blocked-nose-baby-how-to-treat
https://www.aboutkidshealth.ca/congestedbaby

  BACA JUGA