ARTIKEL

BEDAKAN ANTARA SAKIT PILEK DAN FLU PADA ANAK, INI DIA CARA TEPAT UNTUK MENANGANINYA

Saturday, 02 May 2020

SHARE      

Bedakan Antara Sakit Pilek dan Flu Pada Anak, Ini Dia Cara Tepat untuk Menanganinya

Hingga saat ini masih banyak orang yang mengartikan bahwa pilek dan flu adalah penyakit yang sama. Padahal, kedua penyakit ini disebabkan oleh virus yang berbeda dan berbeda pula gejala yang ditimbulkan oleh penderitanya. Oleh karena itu, simak perbedaan antara sakit pilek dan flu agar Anda bisa mengatasinya dengan tepat.

Perbedaan Antara Sakit Pilek dan Flu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kedua penyakit ini disebabkan oleh virus yang berbeda. Pilek atau common cold bisa timbul akibat infeksi dari beberapa virus, seperti Rinovirus, Respiratory Synyctial Virus (RSV), dan Adenovirus. Biasanya pilek muncul ditandai dengan bersin-bersin lalu keluar cairan ingus yang jernih dan lama-kelamaan mengental dengan warna pekat dari hidung. Sedangkan flu atau influenza disebabkan oleh infeksi virus influenza.

Perbedaan Gejala Pilek dan Flu

Tak hanya disebabkan oleh jenis virus yang berbeda, flu dan pilek juga memiliki gejalanya masing-masing, diantaranya adalah sebagai berikut.

PILEK

FLU

Munculnya demam, bahkan ada juga yang menderita pilek tanpa mengalami demam

Mengalami demam tinggi, bahkan mencapai 38,5 derajat lebih disertai menggigil

Jarang disertai sakit kepala dan badan menggigil

Seringkali disertai sakit kepala yang mengganggu

Nafsu makan tidak terlalu terganggu

Nafsu makan menurun karena lidah terasa pahit

Jarang disertai nyeri otot dan sendi

Muncul nyeri otot dan sendi

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kedua penyakit ini tentu bisa dicegah dan diatasi, diantaranya dengan mencukupi kebutuhan istirahat anak, yaitu selama delapan jam setiap malamnya. Selain itu, cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh selama anak sakit untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Bunda juga bisa memberikan obat seperti bodrexin Flu & Batuk PE jika flu Si Kecil disertai batuk berdahak atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE jika batuknya tidak berdahak. Hadir dalam sirup rasa jeruk yang disukai anak-anak dan kandungan Phenylephrine (PE) di dalamnya mampu meringankan hidung tersumbat sehingga anak bisa beraktivitas dengan nyaman.

Dapatkan segera bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE melalui E-commerce kesayangan Bunda seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia selama #dirumahaja agar lebih aman dan nyaman, anak pun kembali riang.

  BACA JUGA