ARTIKEL

BENARKAH SERING MINUM ES BISA MENYEBABKAN BATUK DAN PILEK PADA ANAK-ANAK?

Friday, 08 May 2020

Benarkah Sering Minum Es Bisa Menyebabkan Batuk dan Pilek pada Anak-anak?

Bagi anak-anak, mengonsumsi makanan atau minuman dingin adalah hal yang menyenangkan, apalagi saat berbuka puasa selama bulan Ramadan. Sensasi dingin dan menyegarkan inilah yang akhirnya menjadikan sajian es sebagai menu favoritnya. Namun, benarkah sering minum es bisa menyebabkan batuk dan pilek pada anak-anak?

Seperti yang dilansir dari artikel yang dimuat dalam laman online situs Kompas.com, bahwa tidak ada korelasi langsung antara minum es dan flu pada anak. Sebaliknya, hal ini bisa memperparah kondisi seseorang yang sudah terserang batuk dan pilek. Hal ini karena pada dasarnya penyebab utama mengapa seorang anak mengalami flu dan batuk adalah karena adanya infeksi virus ringan.

Bagaimana Virus Flu dan Batuk Menyerang Tubuh?

Saat daya tahan tubuh anak menurun, maka mereka bisa dengan mudah terinfeksi virus yang akan menyerang saluran pernapasan bagian atas, yaitu mulut, hidung, dan tenggorokan. Virus ini bisa berasal dari ruangan dengan kelembapan tinggi yang merupakan tempat terbaik bagi virus untuk berkembang biak, sentuhan tangan ke benda yang terpapar virus, atau tertular dari percikan lendir dari penderita lainnya.

Dari sinilah virus masuk melalui mulut, hidung, dan biasanya akan mengendap di tenggorokan yang menyebabkan seseorang mengalami bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan batuk saat terserang flu. Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk selalu mengajak anak rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh, terutama saat pandemik seperti sekarang.

Bagaimana Mengobati Flu dan Batuk Pada Anak?

Selain dengan tidak memberikan minuman dingin, memenuhi kebutuhan istirahat, kebutuhan nutrisi, dan juga cairan pada tubuhnya, cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan flu dan batuk pada anak adalah dengan memberikan obat seperti bodrexin Flu & Batuk PE jika flu Si Kecil disertai batuk berdahak atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE jika batuknya tidak berdahak. Kandungan Phenylephrine (PE) di dalamnya bekerja secara efektif meringankan hidung tersumbat sehingga anak bisa beraktivitas dengan lebih nyaman.

Tak perlu bingung anak tidak mau minum obat, kedua varian obat flu dan batuk ini hadir dalam sirup rasa jeruk yang disukai anak-anak, sehingga momen minum obatnya menjadi lebih menyenangkan. Selama masa social dan physical distancing, Bunda bisa mendapatkannya secara online melalui E-commerce favorit seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia sekarang juga.

  BACA JUGA

Musim Kemarau Tiba, Mengapa Banyak Anak Alami Flu dan Batuk?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak anak mengalami flu dan batuk ketika musim kemarau tiba.

Artikel09/08/2023

Anak Sering Pilek Alergi? Ketahui Pemicu dan Cara Mencegahnya!

Pilek alergi adalah masalah kesehatan yang cukup sering dilaporkan oleh para orangtua. Artikel ini akan menjelaskan pada Moms pemicu pilek alergi dan cara mencegahnya.

Artikel03/08/2023

Perhatikan 4 Hal Ini untuk Membedakan Flu dan Pilek Alergi pada Anak!

Membedakan antara flu dan pilek alergi pada anak dapat membantu orang tua dalam memberikan penanganan yang tepat. Berikut ini adalah 4 hal yang perlu diperhatikan

Artikel16/06/2023