ARTIKEL

BUNDA, YUK KENALI PENYEBAB DEMAM TINGGI PADA ANAK DAN CARA MENGATASINYA BERIKUT INI

Friday, 27 March 2020

Bunda, Yuk Kenali Penyebab Demam Tinggi Pada Anak dan Cara Mengatasinya Berikut Ini

Sebagai orang tua siaga, wajib hukumnya untuk mengetahui penyebab demam tinggi pada anak, diantaranya karena adanya infeksi bakteri dan virus, perubahan cuaca dan suhu ruangan, hingga efek samping dari imunisasi yang dilakukan. Namun tenang Bunda, demam yang dialami oleh Si Kecil merupakan hal yang wajar terjadi sebagai respon alami tubuh saat melawan virus dan bakteri. Dalam kondisi inilah sistem kekebakan tubuh bekerja dan saraf otak mengirimkan sinyal untuk meningkatkan suhu tubuh. Tak perlu panik dan terburu-buru membawanya ke dokter, simak beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk meredakan demam Si Kecil berikut ini.

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Saat demam terjadi, cairan dalam tubuh akan cenderung lebih cepat untuk menguap. Jika dibiarkan begitu saja, maka akan meningkatkan risiko dehidrasi pada anak. Oleh karena itu, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah selalu berada di sampingnya dan membujuk Si Kecil agar minum air putih yang cukup untuk menghidrasi tubuhnya ya, Bunda. Pastikan juga bahwa Si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup setiap malamnya agar daya tahan tubuhnya kembali seperti semula.

Mengompres dengan Air Hangat

Langkah selanjutnya adalah mengompres beberapa bagian tubuh Si Kecil, seperti dahi dan lipatan pembuluh darahnya (lipatan ketiak dan paha) menggunakan handuk atau kain bersih yang sudah dibasahi menggunakan air hangat agar panas tubuhnya bisa keluar dari pori-pori tubuh. Lakukan hal ini setidaknya tiga kali dalam satu hari sampai panasnya berkurang.

Pastikan Si Kecil Memakai Pakaian yang Tidak Terlalu Tebal

Banyak orang beranggapan bahwa menyelimuti anak saat demam adalah cara yang tepat untuk menurunkan panas tubuhnya. Namun sebaliknya, tindakan yang satu ini justru bisa membuat panas tubuh semakin naik. Oleh karena itu, hindari untuk menyelimuti anak saat mereka demam ya, Bunda. Selain itu, berikan Si Kecil pakaian yang tipis, longgar, dan nyaman agar panas tubuhnya dapat keluar dengan baik, namun pastikan bahwa posisi tidurnya tidak menghadap AC atau kipas angina secara langsung agar panasnya tidak semakin naik, ya.

Menjaga Sirkulasi Udara dalam Ruangan

Ruangan dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebab demam tinggi pada anak, karena pada kondisi inilah virus dan bakteri bisa berkembang dengan sangat cepat. Oleh karena itu, menjaga sirkulasi udara di dalam kamar Si Kecil adalah hal yang sangat penting. Caranya adalah dengan memasang diffuser atau bisa juga dengan membuka jendela kamar agar Si Kecil tetap bisa menghirup udara segar.

Memberikan Obat Penurun Panas

Usaha lain yang bisa Bunda lakukan untuk menurunkan demam anak adalah dengan memberikannya obat penurun panas seperti bodrexin Demam Sirup yang hadir dalam kemasan sirup rasa jeruk yang disukai oleh anak-anak. Sudah dikenal dan dipercaya dari generasi ke generasi, bodrexin Demam Sirup sangat cocok untuk membantu Bunda dalam menurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri setelah imunisasi, dan juga sakit kepala Si Kecil berkat kandungan Paracetamol di dalamnya. Momen minum obat anak jadi makin menyenangkan deh, Bunda.

 

Pastikan untuk selalu menjadikan bodrexin Demam Sirup sebagai pertolongan pertama anak demam sekaligus berjaga-jaga di cuaca yang tidak menentu seperti saat ini. Namun, jika demamnya melebihi 38,5 derajat celcius dan menimbulkan kejang pada Si Kecil, langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memeriksakannya langsung pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022