ARTIKEL

CARA AGAR ANAK TIDAK MUDAH SAKIT ATAU TERTULAR FLU DAN BATUK SAAT MUSIM HUJAN

Thursday, 30 January 2020

Cara Agar Anak Tidak Mudah Sakit atau Tertular Flu dan Batuk Saat Musim Hujan

Saat musim hujan datang, rasa khawatir di benak para orang tua pun ikut menghadang. Yup, apa lagi kalau bukan karena ancaman flu dan batuk yang seringkali dialami oleh Si Kecil. Tak hanya di lingkungan rumah saja, ancaman ini pun bisa datang dari lingkungan bermain dan sekolahnya. Untuk itu, penting sekali bagi orang tua untuk melakukan berbagai usaha pencegahan agar anak tidak mudah sakit melalui beberapa cara agar anak tidak mudah sakit flu dan batuk saat musim hujan berikut ini.

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan

    Cara pertama agar anak tidak mudah tertular flu dan batuk adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya, terutama air putih. Menurut artikel yang dilansir dari laman online CNN Indonesia, dalam keadaan normal biasanya anak membutuhkan cairan sebanyak 10-15 persen dari berat badannya. Hal ini tidak terlepas dari peranan air putih yang mampu mempertahankan suhu tubuh dan juga melancarkan sirkulasi darah pada anak. Tak hanya itu, saat anak mengalami flu dan batuk, mencukupi kebutuhan cairan tubuh melalui air putih juga akan membantu proses penyembuhan, hal ini dikarenakan air mampu membantu tubuh melawan penyakit dan menjaga jalan napas tetap lembap dan kuat.

  2. Memastikan Waktu Istirahat Anak Terpenuhi

    Berbeda dengan kebutuhan istirahat orang dewasa, bayi dan anak balita dianjurkan untuk tidur selama 16-18 jam setiap harinya, sedangkan anak usia sekolah dianjurkan untuk tidur selama 16-18 jam sehari untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, terutama flu dan batuk. Lebih lanjut lagi, istirahat yang cukup juga memicu tubuh melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan anak dan remaja agar berjalan dengan normal.

  3. Menjaga Kelembapan Ruangan

    Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan sebagai cara agar anak tidak mudah sakit saat musim hujan adalah dengan menjaga kebersihan dan kelembapan ruangan. Selain dengan membersihkan rumah secara teratur dari debu, Moms juga bisa memasang humidifier di kamar anak untuk membantu agar ruangan tetap lembap sehingga Si Kecil bisa tidur dengan nyaman karena saluran pernapasannya tidak terganggu.

  4. Memberikan Asupan Makanan Bergizi

    Saat anak bermain atau sekolah adalah saat di mana mereka akan terpapar virus dan bakteri dengan mudahnya. Belum lagi jika ada salah satu temannya yang sedang flu dan batuk, maka bisa dipastikan bahwa Si Kecil akan tertular dengan cepat, apalagi jika daya tahan tubuhnya sedang lemah. Jika hal ini terjadi, Moms bisa mengatasinya dengan cara memberikan asupan makanan bergizi seperti sup ayam yang tidak hanya mampu membantu mencukupi kebutuhan cairan, tetapi juga nutrisi yang terkandung pada sayuran dan daging ayam yang ada di dalamnya.

  5. Melengkapi Persediaan Obat di Rumah

    Melengkapi Persediaan Obat di Rumah

    Sebagai orang tua siaga, sudah menjadi sebuah kewajiban untuk melengkapi persediaan obat di rumah sebagai pertolongan pertama saat anak sakit, seperti bodrexin Demam Sirup saat anak demam, bodrexin Pilek Alergi PE saat anak mengalami hidung tersumbat akibat flu yang disertai batuk berdahak, bodrexin Flu & Batuk PE untuk meringankan gejala flu yang disertai batuk berdahak, atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE jika batuk Si Kecil tidak berdahak. Kandungan Phenylephrine (PE) yang terdapat pada ketiga obat-obatan inilah yang membantu melegakan hidung tersumbat akibat flu, berperan sebagai dekongestan, dan aman untuk lambung anak-anak. Saat akan memberikan obat pada Si Kecil, pastikan untuk selalu membaca cara pemberian obat yang tertera pada kemasan produknya ya, Moms.

Beberapa cara agar anak tidak mudah sakit atau tertular flu dan batuk saat musim hujan di atas tentu akan lebih efektif jika Moms juga menghindari untuk mengajak Si Kecil pergi ke beberapa tempat yang rawan akan virus, seperti rumah sakit, pasar, atau ke rumah saudara yang sedang sakit. Yuk, bersama-sama jadi orang tua siaga dan waspada agar kesehatan anak selalu terjaga!

  BACA JUGA

Musim Kemarau Tiba, Mengapa Banyak Anak Alami Flu dan Batuk?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak anak mengalami flu dan batuk ketika musim kemarau tiba.

Artikel09/08/2023

Anak Bolak-balik Flu? Waspadai Penularan Flu dalam Rumah!

Ada beberapa alasan mengapa penularan flu sering terjadi di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah penularan flu di dalam rumah:

Artikel26/07/2023

Perhatikan 4 Hal Ini untuk Membedakan Flu dan Pilek Alergi pada Anak!

Membedakan antara flu dan pilek alergi pada anak dapat membantu orang tua dalam memberikan penanganan yang tepat. Berikut ini adalah 4 hal yang perlu diperhatikan

Artikel16/06/2023