ARTIKEL

JANGAN PANIK, KENALI SELUK BELUK DEMAM PADA ANAK

Wednesday, 29 May 2019

SHARE      

Jangan Panik, Kenali Seluk Beluk Demam pada Anak

Bayi dan anak-anak mudah sekali mengalami demam. Biasanya ketika anak demam, orangtua akan langsung panik dan buru-buru memberi Si Kecil obat penurun panas. Jangan terlalu cepat memberikan obat penurun panas begitu anak demam, bu.

Pasalnya, sebagian besar demam justru bermanfaat untuk membantu tubuh Si Kecil dalam melawan infeksi. Lagipula, ibu perlu memberikan obat penurun panas sesuai kebutuhan dan aturan yang tepat. Sementara masih banyak orangtua yang sering mengukur suhu tubuh anak dengan menggunakan alat ukur yang tidak sesuai. Biar enggak salah, ketahui dulu aturan yang tepat dalam memberikan obat penurun panas untuk anak di sini.

Mengenal Demam pada Anak

Tahukah ibu, demam yang dialami anak justru merupakan pertanda bahwa sistem imunnya sedang bekerja melawan infeksi virus, bakteri, jamur, ataupun zat asing lainnya yang masuk ke dalam tubuhnya. Anak-anak, khususnya bayi berusia enam bulan, hingga lima tahun memang lebih sering mengalami demam. Penyebabnya bisa karena berbagai macam hal, tapi kebanyakan bukan sesuatu hal yang serius atau gawat.

Kebanyakan demam pada anak disebabkan karena adanya infeksi virus ringan, seperti flu atau pilek yang bisa diobati sendiri. Kondisi demam justru bermanfaat bagi tubuh anak karena dengan meningkatnya suhu tubuh, kuman penyebab infeksi yang ada di dalam tubuh anak akan sulit untuk bertahan hidup.

Si Kecil bisa dikatakan mengalami demam bila suhu tubuhnya mencapai 37,5 derajat Celsius atau lebih. Ketika suhu tubuh anak belum mencapai 38 derajat Celsius, demam masih tergolong ringan dan belum perlu diobati. Hal ini karena demam ringan dianggap sebagai upaya tubuh untuk menghalau infeksi virus dan bakteri yang tidak bisa hidup pada suhu panas.

Demam yang lebih dari 38 derajat Celsius barulah memerlukan penanganan. Sebaiknya, segera bawa Si Kecil ke rumah sakit bila suhu tubuhnya mencapai 40 derajat Celsius, karena kondisi tersebut sudah dianggap berbahaya dan memerlukan bantuan medis secepatnya.

Nah, ibu bisa mengetahui kondisi demam pada anak dengan memeriksa suhu tubuhnya dengan menggunakan termometer. Sebaiknya, jangan mengukur demam anak hanya dengan meraba dahinya saja, karena suhu tubuh anak bisa saja lebih tinggi dari yang ibu bayangkan.

Salah satu obat penurun panas yang aman dan bisa menjadi pilihan ibu di kala Si Kecil demam adalah bodrexin Demam. Ada dua varian bodrexin Demam yang bisa ibu pilih, yaitu sirup dan tablet. Untuk bayi yang berusia di bawah 2 tahun, sebaiknya berikan bodrexin Demam Sirup. Sedangkan bagi anak-anak berusia 2 tahun ke atas yang sudah bisa mengunyah dengan baik, ibu bisa berikan bodrexin Tablet. bodrexin Demam sudah dikenal dan dipercaya sebagai obat yang ampuh menurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri dan demam setelah imunisasi. Selain itu, rasa jeruknya juga disukai anak-anak. Yuk sediakan selalu bodrexin Demam di rumah, maupun di dalam tas ketika bepergian!

  BACA JUGA

4 Tips Liburan Saat Anak Flu dan Batuk

Liburan sekolah anak tahun ini jatuh di awal musim kemarau, di mana cuaca terasa sangat panas di siang harinya.

Artikel02/07/2019

Gerak Ceria Berbo

Ajak si Buah Hati mengikuti Gerak Ceria Berbo yuk Moms!

Artikel30/06/2019

Anak Mendadak Demam, Bolehkah Langsung Minum Obat?

Tubuh Si Kecil demam, bisa jadi pertanda bahwa sistem imunnya sedang bekerja melawan infeksi virus, bakteri, jamur, ataupun zat asing lainnya yang masuk ke dalam tubuhnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa demam merupakan proses pertahanan diri yang dilakukan Si

Artikel28/06/2019