ARTIKEL

LUPAKAN RASA PANIK, INI DIA PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK ANAK DEMAM

Monday, 27 July 2020

Lupakan Rasa Panik, Ini Dia Pertolongan Pertama untuk Anak Demam

Pada tubuh manusia, demam terjadi sebagai reaksi alamiah tubuh dalam merespon dan melawan virus serta bakteri yang masuk. Dalam kondisi ini, saraf otak mengirimkan pesan untuk menaikkan suhu tubuh sebagai pertanda bahwa sel-sel darah putih bekerja melawan virus sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Tak hanya terjadi pada orang dewasa, hal ini juga sangat wajar jika Si Kecil mengalaminya. Oleh karena itu, alih-alih selalu merasa panik saat anak demam, simak beberapa pertolongan pertama yang bisa Bunda lakukan di rumah untuk menurunkan panas tubuhnya berikut ini.

Mengompres Menggunakan Air Hangat

Pertolongan pertama untuk anak demam adalah dengan mengompres beberapa bagian tubuh seperti dahi dan lipatan pembuluh darah (lipatan ketiak dan paha) menggunakan kain atau handuk bersih yang sudah dibasahi air hangat. Bunda bisa melakukannya tiga kali dalam satu hari sampai panasnya berkurang dan keluar melalui pori-pori tubuh Si Kecil.

Berikan Si Kecil Pakaian yang Nyaman dan Tipis

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam menurunkan demam anak adalah dengan tidak menyelimuti anak dengan selimut yang tebal, karena hal ini justru bisa membuat panas tubuhnya semakin naik. Sebaliknya, berikan Si Kecil pakaian yang tipis, longgar, dan nyaman agar panas tubuhnya dapat keluar dengan baik. Pastikan juga bahwa posisi tidurnya tidak menghadap AC atau kipas angin agar demamnya lebih cepat turun.

Memenuhi Kebutuhan Air Mineral

Saat Si Kecil mengalami demam, cairan dalam tubuh akan cenderung lebih cepat untuk menguap. Jika dibiarkan begitu saja, maka akan meningkatkan risiko dehidrasi pada anak. Oleh karena itu, pertolongan pertama untuk anak demam yang bisa dilakukan adalah selalu berada di sampingnya dan membujuk Si Kecil agar minum air putih yang cukup untuk menghidrasi tubuhnya.

Temani Si Kecil Beristirahat

Sudah menjadi hal yang pasti jika anak akan lebih membutuhkan ibunya saat mereka sakit. Hal ini dikarenakan mereka bisa mendapatkan rasa nyaman saat ada sang ibu di sekitarnya. Untuk itu, Bunda bisa menemani Si Kecil beristirahat, memberikan pelukan hangat, dan juga kecupan untuk membuatnya tenang dan merasa nyaman. Pastikan juga bahwa Si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup setiap malamnya agar daya tahan tubuhnya kembali seperti semula ya, Bunda.

Memberikan bodrexin Demam

Pertolongan pertama untuk anak demam lainnya yang bisa Bunda lakukan untuk menurunkan demam anak adalah dengan memberikannya obat penurun panas seperti bodrexin Demam Sirup dan bodrexin Tablet yang hadir dalam varian rasa jeruk manis yang disukai oleh anak-anak. Sudah dikenal dan dipercaya sejak 1972, bodrexin Demam Sirup dan bodrexin Tablet sangat cocok untuk membantu Bunda dalam menurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri setelah imunisasi, dan juga sakit kepala Si Kecil berkat kandungan Paracetamol di dalam bodrexin Demam Sirup dan kandungan Acetosal pada bodrexin Tablet. Momen minum obat anak jadi makin menyenangkan deh, Bunda.

Tak hanya beberapa pertolongan pertama untuk anak demam di atas, ajak juga Si Kecil untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh di masa New Normal dengan beberapa cara berikut ini.

  • Mengajak anak agar untuk rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, terutama sebelum makan, setelah memegang barang, setelah menggunakan toilet, atau saat kebetulan berada di dekat orang sakit. Mencuci tangan menggunakan sabun dipercaya mampu membunuh kuman dan juga virus yang menempel pada tubuh.
  • Menggunakan masker dan membawa hand sanitizer saat bepergian. Cara yang satu ini juga dipercaya mampu membunuh virus dan bakteri berkat kandungan alkohol di dalamnya saat tidak bisa menemukan air dan sabun.
  • Tidak berbagi alat makan dan minum dengan orang lain dan ajarkan Si Kecil untuk menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin menggunakan tisu sekali buang atau menutupnya menggunakan lipatan siku.
  • Melengkapi persediaan masker, obat-obatan, dan juga menjauhi tempat keramaian untuk sementara waktu.
  • Tidak mengajak anak untuk mengunjungi saudara atau teman yang sedang sakit.
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi melalui makanan dan juga vitamin.

Jangan lupa sediakan selalu bodrexin Demam Sirup dalam kemasan botol plastik yang aman dan tidak mudah pecah kalau disimpan di rumah serta bodrexin Tablet di rumah maupun saat bepergian dengan membelinya secara online di di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan Bunda seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada.

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022