ARTIKEL

MEMILIH OBAT PENURUN PANAS DAN DEMAM YANG TEPAT UNTUK ANAK

Wednesday, 23 May 2018

Memilih Obat Penurun Panas dan Demam Yang Tepat Untuk Anak

Memilih obat penurun panas untuk anak sebetulnya tidak sulit. Namun dengan banyaknya berbagai pilihan yang ada di pasaran, tentunya orang tua harus semakin cermat dalam memilih. Ada beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan obat yang cocok dan tepat untuk Buah Hati. Seperti 5 hal berikut ini:

  1. Dosis khusus anak-anak
    Carilah obat penurun panas untuk anak-anak. Ini menjamin pemberian dosis yang lebih aman bagi lambung Buah Hati. Cara menghitung dosis paracetamol adalah 10-20 mg untuk setiap kg berat badan dalam 1 dosis pemberian, dan bisa diberikan setiap 6-8 jam sekali (3-4 kali dalam sehari). Sebagai contoh jika berat badan anak 10,5 kg, berarti membutuhkan 10mg x 10,5 = 105 mg, dapat dibulatkan 100 mg dalam 1 dosis pemberian.
     
  2. Bentuk yang paling mudah dikonsumsi
    Bagi Buah Hati yang masih berusia balita, biasanya akan lebih mudah diberikan obat penurun panas berbentuk sirup cair. Sedangkan untuk Buah Hati yang sudah lebih besar, biasanya lebih menyukai obat tablet hisap, karena rasanya seperti mengulum permen.
     
  3. Rasa yang disukai Buah Hati
    Buah Hati biasanya menolak minum obat karena rasanya tidak enak ataupun pahit. Atasi hal ini dengan memberikannya obat dengan rasa buah seperti jeruk yang manis yang segar.
     
  4. Terpercaya
    Buah Hati yang tercinta tentu harus mendapatkan perawatan yang terbaik. Oleh karena itu hanya percayakan obat yang sudah dikenal dan dipercaya dari generasi ke generasi untuk menurunkan panas demam.
     
  5. Cari yang mengandung Parasetamol
    Parasetamol adalah formula yang umum dipakai untuk membantu menurunkan panas demam. Selain itu, parasetamol juga bisa meredakan rasa nyeri dan demam setelah imunisasi. Dibandingkan kandungan lainnya, parasetamol merupakan kandungan yang aman bagi lambung sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Semua kriteria di atas bisa Moms dapatkan dalam bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol 160mg. Jangan lupa berikan sesuai aturan pakainya:

Aturan Pakai

Dosis yang di anjurkan berdasarkan umur anak:

1-2 tahun : 3-4 kali sehari 1 sendok takar

2-6 tahun : 3-4 kali sehari 1-2 sendok takar

6-12 tahun : 3-4 kali sehari 2-4 sendok takar

Bila perlu dapat di ulang setiap 4-6 jam (maksimum 4 kali sehari) atau menurut petunjuk dokter.

  BACA JUGA

Hati-Hati Kasus Pneumonia Banyak Dialami Anak, Moms Harus Bagaimana Selama Liburan?

Yuk kita simak panduan agar Moms dapat menjaga kesehatan si Kecil agar terhindar dari penyakit pneumonia.

Artikel29/12/2023

Libur Sekolah Tiba, Tapi Kasus COVID-19 Meningkat, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Liburan sekolah namun pandemi COVID-19. Moms perlu memperhatikan beberapa hal sebelum berlibur agak tetap aman dan menyenangkan.

Artikel04/12/2023

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023