ARTIKEL

MEWASPADAI FLU PADA ANAK

Friday, 29 August 2014

SHARE      

Mewaspadai Flu pada Anak

Betapa sedihnya melihat buah hati kita yang tadinya sehat dan ceria, kini lemas tak berdaya di tempat tidur gara-gara terkena flu. Penyakit Flu atau Influenza dapat dikatakan suatu penyakit umum yang sering diderita oleh segala usia, malah bagi anak seakan-akan sudah menjadi penyakit “langganan”.

Kenapa bisa begitu? Karena sistem kekebalan tubuh si kecil yang belum bekerja optimal. Ditambah dengan perubahan cuaca yang tidak menentu seperti akhir-akhir ini, maka si kecil menjadi lebih rawan terserang penyakit flu yang seringkali disertai batuk.

Moms, flu berbeda dengan pilek, meskipun keduanya sama-sama disebabkan oleh serangan virus. Ada banyak jenis virus yang dapat menyebabkan pilek. Namun, hanya ada beberapa yang menyebabkan flu. Para ahli kesehatan menggolongkan penyakit flu sebagai infeksi yang disebabkan oleh beberapa virus influenza pada organ pernafasan termasuk hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Lalu bagaimana caranya untuk mencegah terjadinya serangan flu? Flu dapat dicegah dengan cara sederhana seperti ini.

  • Biasakan si kecil untuk selalu menjaga kebersihan termasuk mainannya. Ajari untuk selalu mencuci tangan dengan sabun.
  • Biasakan bila batuk atau bersin menutup dengan tissue, kemudian buang tissue ke tempat sampah.
  • Bila ada yang sedang terkena flu, hindari penggunaan peralatan makan bersama seperti gelas, piring, sendok
  • atasi si kecil kontak dengan orang yang sedang terkena flu, karena daya tahan tubuh si kecil berbeda dengan daya tahan orang dewasa.

Penyakit flu memang mudah menular. Karena itu, kita perlu mengetahui gejalanya. Gejala flu biasanya muncul secara tiba-tiba dan relatif lebih parah dibandingkan dengan gejala pilek. Lalu apa ciri dari serangan virus influenza? Berikut beberapa cirinya.

  • Demam tinggi di atas 38 derajat C
  • Berkeringat dingin
  • Nyeri di seluruh badan, terutama di bagian punggung, tangan, dan kaki
  • Sakit Kepala
  • Batuk, Hidung mampet
  • Badan lemas dan pegal-pegal
  • Nafsu makan hilang

Moms, jika si kecil mengalami flu disertai batuk waspadalah,namun tidak perlu cemas apalagi panik. Bila si kecil terserang flu ada beberapa tips yang dapat Moms lakukan untuk mengatasi tanpa harus ke dokter terlebih dahulu.

  • Pastikan Moms atau keluarga yang merawat si kecil dalam keadaan sehat.
  • Pastikan si kecil bisa istirahat total dan mendapat asupan nutrisi yang cukup dan berimbang.
  • Berikan si kecil banyak cairan termasuk air putih, teh jahe dan madu, jus buah dan sup kaldu hangat.
  • Berikan si kecil mint pelega hidung atau menghirup uap air hangat untuk melegakan jalan pernafasannya.
  • Berikan si kecil obat untuk meredakan gejala-gejala flu.

Moms tidak perlu bingung mencari obat untuk meredakan gejala flu pada si kecil. Berikan saja [b]bodrexin Flu & Batuk[/b] yang efektif meringankan gejala flu yang disertai batuk. Dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak memudahkan Moms memberikan bodrexin Flu & Batuk pada si kecil yang sedang sakit flu.

Dan bila si kecil merasa dingin dan hidungnya tersumbat, Moms bisa memberikan[b] bodrexin vapor rub[/b] yang dioleskan di dada dan punggung. Si kecil akan merasa hangat dan wangi mentolnya membantu melegakan pernafasannya.

bodrexin memahami kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk mengawali segala aktivitas si kecil. Karena itu, bodrexin selalu setia menemani Moms menjaga kesehatan si kecil kini, esok, dan selamanya.

  BACA JUGA

Demam Tanda Daya Tahan Tubuh Anak Bagus?

Kebanyakan ibu khawatir bila anaknya mengalami demam, apalagi jika disertai dengan kejang-kejang. Maka itu, para ibu langsung mengukur suhu tubuh anak dengan termometer bila terasa lebih hangat dibanding biasanya.

Artikel11/10/2019

Cerita Berbo eps. 01 Mati Lampu

Yuk tonton episode pertama Cerita Berbo bersama si Buah Hati!

Artikel09/10/2019

4 Tips Liburan Saat Anak Flu dan Batuk

Liburan sekolah anak tahun ini jatuh di awal musim kemarau, di mana cuaca terasa sangat panas di siang harinya.

Artikel02/07/2019