ARTIKEL

MOMS, INI DIA WAKTU YANG TEPAT UNTUK MEMBERIKAN OBAT FLU DAN BATUK PADA ANAK

Tuesday, 20 November 2018

Moms, Ini Dia Waktu yang Tepat untuk Memberikan Obat Flu dan Batuk pada Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, terutama saat mereka terserang penyakit. Segala macam usaha akan mereka lakukan sebagai bentuk kasih sayangnya, salah satunya adalah dengan memberikan obat untuk meringankan rasa sakit dan tidak nyaman yang dialami oleh Si Buah Hati. Namun, hingga saat ini masih banyak orang tua yang bingung kapan sebaiknya mereka memberikan obat pada anaknya saat sakit, terutama saat terserang flu dan batuk. Dua penyakit ini tak terpisahkan dan paling sering menyerang anak-anak.

Tenang, berikut ini adalah panduan waktu terbaik untuk memberikan obat flu dan batuk pada anak yang bisa Moms lakukan di rumah.

Demam di atas 37,5o C
Langkah awal yang harus Moms lakukan saat anak mulai demam akibat flu adalah dengan mengukur suhu badannya. Jika suhu tubuhnya berada dibawah 37,5o C, Moms cukup mengompresnya menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air hangat. Kompres beberapa bagian tubuh seperti dahi, ketiak, dan juga lipatan pahanya agar demam cepat turun.

Namun jika suhu tubuhnya semakin naik setelah dikompres, bahkan melebihi angka 37,5o C, inilah saat yang tepat bagi Moms untuk memberikan obat pada anak. Berikanlah obat penurun panas yang mengandung paracetamol untuk membantu menurunkan demam.

Anak susah tidur di malam hari
Saat terserang flu dan batuk, anak akan cenderung susah tidur di malam hari. Hal ini dikarenakan rasa tidak nyaman pada tubuhnya, seperti hidung tersumbat, sakit kepala, hingga rasa gatal pada tenggorokan yang menyebabkan batuk sepanjang malam. Kalau sudah begini, berikanlah obat pada anak dengan kandungan Phenylephrine yang aman sebagai dekongestan untuk membantu melegakan hidung tersumbat. Selain bisa meringankan gejala flu, obat ini juga biasanya menyebabkan kantuk pada anak, sehingga mereka bisa langsung tidur setelah meminumnya. Berikan sesuai dengan anjuran dokter ya, Moms!

Sakit tenggorokan dan batuk berlebihan
Sakit tenggorokan dan batuk adalah gejala yang sangat khas dan banyak dialami anak saat flu. Memberikan air hangat dengan campuran perasan lemon dan madu adalah solusi untuk meringankannya. Selain itu, berikan obat flu dan batuk yang aman untuk anak-anak. Sebagai bahan pengingat, jangan sampai memberikan obat khusus orang dewasa pada anak yang sedang sakit flu dan batuk, hal ini dikarenakan kandungan obatnya dan dosis yang berbeda dengan kebutuhan obat untuk anak-anak.

Oleh karena itu, selalu melengkapi persediaan obat-obatan di rumah dengan obat flu dan batuk khusus untuk anak-anak yang aman, seperti bodrexin Flu&Batuk PE. Kandungan Paracetamol, Phenylephrine, dan kandungan lainnya yang ada di dalam  bodrexin Flu&Batuk PE, pas dan efektif menurunkan demam dan meringankan gejala flu batuk pada anak. Tak hanya itu, bodrexin Flu&Batuk PE juga aman bagi lambung si buah hati sehingga Moms tidak perlu khawatir. bodrexin Flu&Batuk PE hadir dengan rasa jeruk, sehingga anak tak lagi merasa takut untuk meminum obatnya. Flu dan batuk hilang, dunianya cerah kembali.

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022