ARTIKEL

PENYEBAB ANAK BATUK KERING YANG JARANG BUNDA SADARI

Monday, 17 August 2020

SHARE      

Penyebab Anak Batuk Kering yang Jarang Bunda Sadari

Sebagai orangtua, terutama Ibu yang lebih banyak menghabiskan waktunya bersama Si Kecil di rumah tentu rasanya tidak tega saat melihat anak mengalami batuk kering. Terkadang, keluhan yang satu ini tak hanya terjadi akibat virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh Si Kecil lho, Bunda. Namun, ada juga beberapa hal lain yang memicunya, bahkan seringkali tidak kita sadari. Kira-kira apa saja, ya?

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Bunda, apakah Si Kecil seringkali mengonsumsi makanan manis di rumah? Memang beberapa makanan seperti permen, cokelat, kue, atau minuman manis dan dingin terlihat sangat nikmat, terutama bagi anak-anak. Seringkali juga kita memberikan makanan manis ini untuk membuat mereka tidak rewel selama di rumah. Well, tanpa Bunda sadari beberapa makanan manis ini justru bisa menjadi pemicu batuk kering pada anak. Pasalnya, kandungan gula sederhana atau pemanis buatan yang ada di dalamnya cukup tinggi dan bisa memengaruhi daya tahan tubuh anak, memicu peradangan pada tenggorokan, hingga menyebabkan rasa gatal dan serak pada tenggorokan yang berakhir dengan batuk kering.

Makanan Berlemak dan Berminyak

Terlalu sering memberikan makanan berlemak dan berminyak seperti gorengan juga bisa membuat anak mengalami tenggorokan gatal hingga batuk kering. Umumnya keluhan batuk kering ini hanya berlangsung dalam waktu yang singkat, namun jika dibiarkan bisa membuat batuknya semakin parah, bahkan memicu timbulnya penyakit lain pada anak.

Sanitasi yang Kurang Baik

Faktor selanjutnya adalah pengaturan sanitasi yang kurang baik, mulai dari penyediaan air bersih, air minum, pengolahan sampah, hingga pengolahan makanan di rumah. Pemicu batuk kering pada anak yang juga jarang kita sadari adalah akibat AC atau kipas angin yang kotor. Untuk itu, pastikan untuk selalu membersihkannya secara rutin untuk menjaga sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Alergi

Batuk kering juga bisa dipicu karena adanya alergi. Hal ini terjadi sebagai respon tubuh dalam mengeluarkan zat asing yang masuk ke saluran pernapasan. Oleh karena itu, penting juga bagi Bunda untuk mengetahui pemicu atau alergen yang dimiliki oleh Si Kecil yang biasanya berasal dari makanan atau kondisi udara yang terlalu panas maupun dingin.

Gejala Penyakit Lain

Penyebab anak batuk kering selanjutnya adalah karena adanya penyakit lain, seperti asma, asam lambung, dan flu. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka bisa membuat batuk semakin parah. Untuk itu, segera periksakan pada dokter jika batuk kering pada anak tak kunjung sembuh ya, Bunda.

Namun tak perlu khawatir, Bunda bisa mengatasi batuk kering pada anak dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

  • Mengajak anak untuk hidup sehat, mulai dari rajin mencuci tangan, menggunakan masker, dan mengurangi makan makanan manis
  • Memenuhi kebutuhan cairan pada anak
  • Mandi air hangat untuk membantu melegakan pernapasan
  • Mengajak anak untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C
  • Memberikan campuran madu dan lemon atau jeruk nipis sebelum istirahat saat malam hari
  • Memberikan obat batuk herbal alami untuk anak, seperti bodrexin Herbal Batuk yang mengandung cengkeh, madu untuk atasi radang tenggorokan, mint, jahe, sari akar manis, daun sirih dan thymi herba untuk redakan batuk serta mengencerkan dan mengeluarkan dahak.

Hadir dalam kemasan sachet yang praktis, bodrexin Herbal Batuk bisa menjadi salah satu persediaan obat batuk kering yang aman dikonsumsi oleh anak di rumah lho, Bunda. Yuk, beli produknya secara online di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan Bunda seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada sekarang juga.

  BACA JUGA