ARTIKEL

PENYEBAB ANAK DEMAM HANYA PADA MALAM HARI SAJA YANG PENTING BUNDA KETAHUI

Wednesday, 15 July 2020

SHARE      

Penyebab Anak Demam Hanya Pada Malam Hari Saja yang Penting Bunda Ketahui

Demam yang terjadi pada anak adalah hal yang wajar. Pasalnya, kondisi ini merupakan respon tubuh dalam melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan mengganggu sistem kekebalan tubuhnya. Terkadang, tak hanya panik, sebagian besar orang tua juga merasa bingung karena seringkali demam ini hanya menyerang anak saat malam hari saja. Kira-kira apa saja penyebab anak demam malam hari dan bagaimana cara mengatasinya?

Adanya Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Seperti yang dilansir dari artikel di laman online Kumparan.com, salah satu penyebab suhu tubuh anak meningkat di malam hari adalah karena gejala pilek atau bisa juga karena adanya infeksi saluran pernapasan atas karena virus maupun bakteri, seperti laring, trakea, bronchitis atau penyakit serius lain. Biasanya demam yang terjadi akibat infeksi saluran pernapasan bisa berlangsung selama lebih dari tiga hari. Oleh karena itu, jika suhu Si Kecil terus meningkat ada baiknya untuk segera memeriksakannya pada dokter ya, Bunda.

Bakteri dari Luar

Faktor penyebab anak demam malam hari saja selanjutnya adalah karena infeksi bakteri dari luar,yaitu bakteri pyrogen. Bakteri inilah yang dapat memicu terjadinya demam pada seseorang. Biasanya, anak-anak akan terpapar bakteri ini pada siang hari saat beraktivitas di luar akibat udara yang lembap maupun tertular dari orang lain, dan tubuh baru memberikan responnya saat malam hari. Inilah yang membuat anak terkadang terlihat sangat aktif saat pagi atau siang hari dan mengalami demam saat sore menjelang malam.

Peradangan

Hal selanjutnya yang membuat anak mengalami demam pada malam hari saja adalah karena adanya peradangan pada tenggorokan, telinga, maupun pada sinus. Peradangan ini biasanya terjadi akibat infeksi bakteri dan virus, mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi, dan juga kondisi udara yang terlalu lembap.

Infeksi Kulit

Anak-anak yang masih berada dalam usia bermain akan cenderung sangat aktif dalam beraktivitas saat pagi maupun siang hari. Terkadang hal inilah yang membuat mereka mudah terluka saat bermain, misalnya karena terjatuh atau tergores benda tajam. Jika lukanya tidak segera dibersihkan dan diobati menggunakan antiseptic maka bisa memicu masuknya virus dan bakteri yang akan menyebabkan Si Kecil mengalami demam saat malam hari. Untuk itu, selalu dampingi anak saat bermain ya, Bunda.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih juga bisa menjadi penyebab anak demam malam hari saja dan biasanya disertai dengan rasa sakit di saluran kemih terutama saat buang air kecil. Pemicunya pun bisa beragam, mulai dari infeksi bakteri akibat tidak membersihkan area kemaluan dengan baik, sering menahan buang air kecil, kurang minum air mineral, hingga penggunaan celana yang terlalu ketat. Jika Si Kecil mulai menunjukkan gejala tersebut, segera periksakan ke dokter ya, Bunda.

Meski demam adalah hal yang wajar terjadi pada anak, namun jangan sampai hal ini membuat Bunda merasa cuek dan tidak segera mengatasinya, ya. Selain dengan mengompres menggunakan air hangat, segera berikan obat seperti bodrexin Demam Sirup atau bodrexin Tablet sebagai langkah pertamanya. Dengan begini, Si Kecil bisa tidur dengan nyenyak dan Bunda pun tak lagi harus merasa panik, deh.

Hadir dalam varian rasa jeruk manis yang disukai oleh anak-anak dan sudah dikenal serta dipercaya dari generasi ke generasi menurunkan panas demam, meredakan rasa nyeri setelah imunisasi, dan juga sakit kepala Si Kecil berkat kandungan Paracetamol di dalam bodrexin Demam Sirup dan kandungan Acetosal pada bodrexin Tablet. Namun jika panas anak semakin naik hingga lebih dari 38,5 derajat, segera periksakan Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya.

Dapatkan segera rangkaian produk bodrexin dengan lebih aman dan nyaman secara online di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan Bunda seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada. Kemasan botol sirupnya sangat aman, karena terbuat dari botol plastik yang tidak aman kalau disimpan di rumah lho, Bunda.

  BACA JUGA