ARTIKEL

PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK ANAK DEMAM DI MASA PANDEMI

Tuesday, 13 October 2020

SHARE      

Pertolongan Pertama untuk Anak Demam di Masa Pandemi

Pertolongan pertama untuk anak demam selama masa pandemi belum berakhir adalah hal yang harus diperhatikan oleh semua orang tua. Pasalnya, demam merupakan salah satu gejala awal seseorang terpapar virus COVID-19, sehingga banyak orang akan merasa panik saat demam melanda. Namun sebenarnya tak perlu khawatir berlebih Bunda, karena tidak semua demam yang dialami oleh anak merupakan gejala COVID-19. Oleh karena itu, yuk simak beberapa hal yang bisa Bunda lakukan di rumah saat anak demam berikut ini.

Kompres Air Hangat

Mengompres menggunakan air hangat sudah menjadi “senjata” paling ampuh untuk meredakan panas tubuh sejak dulu, termasuk pada anak-anak. Hal ini jugalah yang bisa Bunda lakukan sebagai pertolongan pertama untuk anak demam selama masa pandemi. Kompres beberapa bagian tubuh seperti kening, ketiak, dan lipatan paha agar panas tubuhnya keluar. Pastikan kain atau handuk kecil yang digunakan untuk mengompres dalam keadaan bersih ya, Bunda. Selain itu, usahakan untuk memakaikan pakaian yang tipis, bisa menyerap keringat, dan menghindari untuk menggunakan selimut tebal agar demamnya cepat turun. Jangan lupa juga untuk berikan Si Kecil pelukan hangat sebagai metode skin to skin yang dipercya ampuh untuk meredakan panas tubuhnya.

Sayur dan Buah-buahan

Saat demam melanda Si Kecil, maka besar kemungkinannya mereka akan kehilangan banyak cairan dalam tubuh. Untuk mengatasinya, Bunda bisa memberikan sayur dan buah-buahan saat anak sakit, terutama yang mengandung banyak air. Beberapa sayur yang bisa Bunda berikan misalnya sayur sop atau sayur bayam yang kandungan airnya cukup banyak dan juga terdapat nutrisi baik lainnya yang berasal dari sayuran di dalamnya seperti wortel, labu, jagung, dan bayam. Sedangkan untuk buahnya, Bunda bisa memberikan buah-buahan seperti jeruk dan semangka, selain karena kadar airnya yang cukup tinggi, kandungan vitamin C di dalamnya juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Hal inilah yang bisa membantu Si Kecil agar lekas sembuh dari demam yang dideritanya.

Masker dan Hand Sanitizer

Seperti yang sudah kita ketahui, demam merupakan respon tubuh terhadap virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, masker dan hand sanitizer merupakan barang yang wajib ada, baik di rumah maupun saat bepergian ke luar untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh sekaligus meminimalisir penularan virus COVID-19 yang saat ini masih cukup meresahkan. Tak cukup hanya dengan masker dan hand sanitizer, pastikan juga untuk mengajak Si Kecil agar rutin mencuci tangan di bawah air mengalir terutama setelah memegang benda atau beraktivitas di luar untuk  menjaga kesehatan keluarga di rumah ya, Bunda.

Rapid Test Secara Rutin

Anak demam saat pandemi tentu menimbulkan kepanikan tersendiri bagi kaum orangtua, apalagi bagi mereka yang masih harus beraktivitas di luar rumah. Selain mencari tahu pencetus demam yang dialami oleh sang anak, biasanya kaum orangtua juga akan memastikan kondisi kesehatan dengan melakukan rapid test secara rutin setiap minggunya. Meski hasilnya belum sepenuhnya akurat, namun tidak ada salahnya untuk melakukan rapid test sebagai langkah awal pencegahan penularan COVID-19 dalam keluarga.

Obat Penurun Panas Anak

PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK ANAK DEMAM DI MASA PANDEMI

Untuk membuat Si Kecil istirahat dengan lebih nyaman saat demam, Bunda juga bisa memberikan obat penurun panas anak untuk mempercepat proses penyembuhannya seperti bodrexin Demam Sirup yang mengandung Paracetamol atau bodrexin Tablet dengan kandungan Acetosal di dalamnya untuk membantu meredakan demam anak. Hadir dalam varian rasa jeruk manis yang disukai anak-anak, Si Kecil pun bisa lebih semangat saat tiba waktunya minum obat, deh.

PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK ANAK DEMAM DI MASA PANDEMI

Selain obat penurun panas anak, lengkapi juga persediaan obat di rumah dengan beberapa obat lainnya seperti obat flu dan batuk bodrexin Flu & Batuk PE yang mengandung Phenylephrine sebagai dekongestan dan efektif untuk membantu melegakan hidung tersumbat, bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak.

PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK ANAK DEMAM DI MASA PANDEMI

Sediakan juga bodrexin Pilek Alergi PE, sirup rasa jeruk dengan kandungan Phenylephrine yang aman sebagai dekongestan, membantu melegakan hidung tersumbat, dan meringankan pilek alergi serta bersin-bersin.

PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK ANAK DEMAM DI MASA PANDEMI

Nah, untuk mengurangi risiko terpapar virus, Bunda bisa melengkapi kedua obat ini dengan cara membelinya secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada. Mana favorit Bunda?

Beberapa hal di atas adalah usaha yang bisa Bunda lakukan sebagai pertolongan pertama untuk anak demam di masa pandemi. Yuk, terapkan protokol kesehatan dengan baik dengan tetap menggunakan masker, mencucu tangan di bawah air mengalir, membawa hand sanitizer, menghindari kerumunan, dan meminimalisir kegiatan di luar rumah selama pandemi agar angka penularan COVID-19 semakin menurun sehingga kita bisa beraktivitas tanpa rasa cemas dan was-was bersama anak dan keluarga.

  BACA JUGA

Mengintip Manfaat Kandungan bodrexin Untuk Meringankan Flu dan Batuk Anak

Memilih obat flu dan batuk untuk anak bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal utama yang harus Bunda perhatikan adalah kandungan bahan yang ada di dalamnya.

Artikel16/11/2020

Bunda, Yuk Bedakan Antara Sakit Pilek dan Flu Serta Batuk Biasa dengan yang Terpapar COVID-19

penting sekali untuk bedakan antara sakit pilek dan flu serta batuk biasa dengan yang terpapar COVID-19. Apa saja, ya?

Artikel26/10/2020

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk

Selain dengan berbagi informasi dengan saudara, teman, dan mengonsultasikannya langsung dengan dokter, simak beberapa tips yang juga bisa Bunda lakukan berikut ini.

Artikel21/10/2020