ARTIKEL

POLA MAKAN 3J UNTUK ANAK, APAKAH ITU?

Tuesday, 31 May 2016

Pola Makan 3J untuk Anak, Apakah Itu?

Anak selalu menolak makan sayur dan buah? Ternyata selera makan anak sedikit banyak dipengaruhi kebiasaan ibu selama hamil dan menyusui. Menurut penelitian yang dilakukan Baylor College of Medicine dan diterbitkan di jurnal Genome Biology, disimpulkan bahwa jika kita ingin si kecil tidak pilih-pilih makanan maka ibu harus melakukan hal yang sama selama hamil atau setidaknya di masa menyusui.

Pola makan yang baik bisa dimulai sejak ibu hamil atau menyusui. Contohnya adalah pola makan gizi seimbang yang disebut “3J”, yaitu seimbang jenis, jumlah, dan jadwalnya:

• Jenis: Konsumsi berbagai jenis bahan makanan yang bervariasi sehingga asupan zat gizi dari makanan dapat saling melengkapi.

• Jumlah: Selain jenisnya, komposisi makanan juga harus diperhatikan setiap kali makan. Komposisi makanan perlu disesuaikan yakni: karbohidrat 50-60%; protein 15-20%; dan lemak 25-30%.

• Jadwal: Jadwal makan harus teratur dari makan pagi, selingan pagi, makan siang, selingan siang, makan malam, serta selingan malam. Dan semua sama pentingnya.

Sejak masih dalam kandungan atau masa menyusui, kenalkan anak pada makanan-makanan yang sehat. Lanjutkan terus kebiasaan baik tersebut saat anak mulai tumbuh dan berkembang. Saat memasuki usia balita biasakan mengolah makanan yang memenuhi standar gizi seimbang dengan pilihan menu yang bervariasi sehingga anak tidak cepat bosan. Jadikan konsumsi, sayur, buah, dan susu sebagai makanan “wajib” bagi keluarga sehingga anak merasa bahwa ayah, ibu, kakak,atau adiknya juga mengonsumsi makanan yang sama.

Foto: Shutterstock

  BACA JUGA

Seberapa Perlu si Kecil Diberi Vaksin Demam Berdarah?

pemberian Vaksin demam berdarah juga direkomendasikan oleh IDAI efektif untuk menurunkan risiko demam berdarah yang parah. Perlindungan ini bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Artikel30/11/2023

Musim Kemarau Tiba, Mengapa Banyak Anak Alami Flu dan Batuk?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa banyak anak mengalami flu dan batuk ketika musim kemarau tiba.

Artikel09/08/2023

Anak Bolak-balik Flu? Waspadai Penularan Flu dalam Rumah!

Ada beberapa alasan mengapa penularan flu sering terjadi di dalam rumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah penularan flu di dalam rumah:

Artikel26/07/2023