ARTIKEL

SELAIN OBAT DEMAM ANAK, APA SAJA OBAT YANG HARUS BUNDA SEDIAKAN DI RUMAH UNTUK SI KECIL?

Friday, 25 September 2020

SHARE      

Selain Obat Demam Anak, Apa Saja Obat yang Harus Bunda Sediakan di Rumah untuk Si Kecil?

Obat demam anak adalah hal penting yang wajib ada dalam kotak obat-obatan di rumah, terutama saat musim hujan dan selama pandemi COVID-19 belum berakhir. Pasalnya, dalam kondisi inilah virus dan bakteri berkembang biak dengan pesatnya dan menjadi ancaman terbesar untuk kesehatan keluarga, terutama anak-anak. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyediakan obat penurun demam yang cocok dan aman untuk dikonsumsi, seperti bodrexin Demam Sirup atau bodrexin Tablet yang hadir dalam varian rasa jeruk yang disukai oleh anak-anak. Kandungan Paracetamol dalam bodrexin Demam Sirup dan kandungan Acetosal dalam bodrexin Tablet sudah terbukti secara turun-temurun membantu menurunkan demam anak, sehingga mereka bisa beraktivitas dengan lebih nyaman dan istirahat dengan nyenyak saat malam hari.

Namun, selain obat demam untuk anak, kira-kira apa saja ya obat-obatan yang harus Bunda sediakan di rumah? Simak penjelasannya berikut ini.

Obat Flu dan Batuk

Virus dan bakteri yang berkembang biak saat kondisi udara lembap juga seringkali menjadi faktor utama penyebab anak mengalami flu dan batuk. Dalam kondisi ini biasanya anak akan merasa tenggorokannya gatal, demam, sakit saat menelan, bersin, hidung tersumbat, hingga batuk yang mengandung dahak karena terdapat bakteri yang menempel di tenggorokan dan saluran pernapasan. Selain dengan memastikan bahwa anak mendapatkan istirahat yang cukup, terpenuhi kebutuhan nutrisinya, dan menjaga kebersihan rumah, Bunda juga perlu menyediakan obat flu dan batuk di rumah untuk membantu meredakan flu dan batuk. Pastikan juga bahwa obatnya mengandung rasa yang mereka sukai, ya. Dengan begini, Si Kecil pun bisa lebih bersemangat untuk meminumnya.

Antiseptik

Usia anak-anak adalah usia di mana mereka akan lebih aktif bergerak, terutama saat bermain di rumah. Namun, tak jarang juga kalau aktivitasnya ini membuat mereka terluka akibat terjatuh, membentur barang, hingga kulit yang tergores dan menimbulkan luka. Oleh karena itu, sebagai orangtua siaga perlu juga untuk menyediakan obat antiseptik di rumah untuk membersihkan luka dan agar tidak menimbulkan infeksi dan lukanya cepat mengering.

Obat Diare

Hampir sebagian besar diare yang terjadi pada anak disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan parasite yang muncul akibat kurang menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi di rumah. Saat anak menunjukkan gejala diare seperti sering BAB, perut kembung, mual, muntah, demam, nyeri perut, dan lemas, Bunda bisa memberikan obat diare atau dengan membuat oralit yang bisa mencegah dehidrasi pada anak, memberikan makanan yang mudah dicerna, dan segera memeriksakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Nah, jika dilihat dari beberapa penyakit yang biasa menyerang anak, demam menjadi salah satu gejala yang akan muncul yang menandakan bahwa sistem imun di tubuhnya sedang bekerja melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Agar demamnya tidak semakin parah, ada baiknya untuk selalu menyediakan obat demam anak untuk berjaga-jaga di rumah, seperti bodrexin Demam Sirup atau bodrexin Tablet rasa jeruk manis yang bisa Bunda beli secara online di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada. Ajak juga Si Kecil untuk selalu menerapkan pola hidup sehat seperti berikut ini.

  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir, terutama setelah bermain atau memegang benda tertentu.
  • Selalu menggunakan masker dan membawa hand sanitizer sebagai pengganti sabun dan air untuk menjaga tangan agar terbebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.
  • Menutup mulut menggunakan tisu sekali buang atau lipatan siku saat bersin dan batuk.
  • Olahraga bersama keluarga dan tidak jajan sembarangan.

Yuk, menjadi orangtua siaga agar kesehatan keluarga tetap terjaga!

Source: Alodokter

  BACA JUGA

Fakta Penting Paracetamol: Obat Penurun Panas untuk Anak!

Memilih dan memberikan obat penurun panas untuk anak bukanlah satu hal yang bisa dilakukan secara sembarangan.

Artikel25/09/2020

Lupakan Rasa Panik, Ini Dia Pertolongan Pertama untuk Anak Demam

Pada tubuh manusia, demam terjadi sebagai reaksi alamiah tubuh dalam merespon dan melawan virus serta bakteri yang masuk. Dalam kondisi ini, saraf otak mengirimkan pesan untuk menaikkan suhu tubuh sebagai pertanda bahwa sel-sel darah putih bekerja melawan

Artikel27/07/2020

Tips Memilih Obat Batuk Kering Pada Anak yang Praktis

Selain dengan memerhatikan merek yang sudah dipercaya sejak lama dan dianjurkan oleh dokter, berikut ini beberapa tips memilih obat batuk kering pada anak yang praktis berikut ini.

Artikel30/06/2020