ARTIKEL

SOLUSI SAAT BUAH HATI TERSERANG FLU DAN BATUK

Wednesday, 21 October 2020

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk

Memahami solusi saat buah hati terserang flu dan batuk adalah suatu kewajiban bagi orangtua dalam menjaga kesehatan keluarga, terutama saat pandemi seperti saat ini. Tujuannya adalah untuk mencegah agar keluhan kesehatan yang dialami Si Kecil tidak bertambah parah sekaligus mengurangi rasa panik kita sebagai orang tua. Selain dengan berbagi informasi dengan saudara, teman, dan mengonsultasikannya langsung dengan dokter, simak beberapa tips yang juga bisa Bunda lakukan berikut ini.

Ketahui Pemicu Flu dan Batuk Pada Anak

Langkah awal yang bisa Bunda lakukan sebelum mengobati flu dan batuk pada anak adalah dengan mencari tahu pemicunya. Beberapa kemungkinannya antara lain karena ruangan yang terlalu lembap yang membuat virus dan bakteri berkembangbiak dengan pesat, lingkungan yang kurang bersih, tertular anggota keluarga, mengonsumsi makanan tertentu, atau kurangnya waktu istirahat yang membuat daya tahan tubuhnya menurun.

Istirahat di Rumah dan Menghindari Kerumunan

Pastikan Si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup setiap malamnya, terutama saat flu dan batuk. Caranya adalah dengan membatasi waktu bermain dan juga memberikan pemahaman pada Si Kecil bahwa salah mendapatkan istirahat yang cukup bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan saat flu dan batuk. Usahakan juga untuk tidak mengajak Si Kecil ke luar rumah untuk menghindari kerumunan, tujuannya adalah untuk mencegah penularan dan juga mengurangi risiko terpapar virus lain yang lebih berbahaya.

Menggunakan Masker

Meski berdiam diri di rumah saja selama flu dan batuk, ajak Si Kecil untuk selalu menggunakan masker dan juga menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Ajak mereka untuk rajin mencuci tangan di bawah air mengalir menggunakan sabun dan juga mengajarkan adab bersin atau batuk dengan cara menutup mulut menggunakan tangan atau lipatan siku.

Memenuhi Kebutuhan Air Minum

Saat anak mengalami flu dan batuk, maka besar kemungkinan mereka akan kehilangan banyak cairan tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan air mineral dengan cara memberikannya air minum hangat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat flu dan batuk. Cara ini juga dipercaya mampu mendorong virus dan bakteri yang menempel di saluran pernapasan (tenggorokan) ke dalam lambung untuk kemudian dikeluarkan melalui kotoran dan juga keringat. Agar Si Kecil bisa istirahat dengan nyaman saat malam hari, Bunda juga bisa memberikan satu sendok madu satu jam sebelum tidur malam, tujuannya adalah untuk melancarkan dahak dan membuat tenggorokan lebih nyaman. Dengan begini, maka proses penyembuhannya bisa berlangsung lebih cepat.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Melalui Makanan

Solusi saat buah hati terserang flu dan batuk selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi melalui makanan seperti sup yang tidak hanya tinggi kandungan airnya tetapi juga mengandung nutrisi dari sayuran yang terdapat di dalamnya. Berikan juga buah favorit Si Kecil, seperti jeruk dan semangka yang tinggi kadar airnya dan mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Memberikan Obat

Selain dengan melakukan beberapa cara di atas, berikan juga obat flu dan batuk yang cocok untuk anak, seperti bodrexin Flu & Batuk PE jika Si Kecil mengalami batuk berdahak. Kandungan Phenylephrine di dalamnya berperan sebagai dekongestan dan efektif untuk membantu melegakan hidung tersumbat saat mengalami flu dan batuk berdahak.

SOLUSI SAAT BUAH HATI TERSERANG FLU DAN BATUK

Namun, jika ia mengalami batuk tidak berdahak, segera berikan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak DPH untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat yang disertai batuk tidak berdahak. Kedua varian obat flu dan batuk ini hadir dalam bentuk sirup rasa jeruk manis yang disukai anak-anak dan bisa Bunda dapatkan secara online hanya di Tempo Official Store melalui E-commerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada, lho.

SOLUSI SAAT BUAH HATI TERSERANG FLU DAN BATUK

Semoga beberapa informasi seputar solusi saat buah hati terserang flu dan batuk ini bisa bermanfaat ya, Bunda. Yuk, jaga kesehatan Si Kecil agar tetap aktif dan ceria meski harus beraktivitas di rumah aja!

  BACA JUGA

Cara Meredakan Demam Saat Anak Tumbuh Gigi

Bagaimana cara meredakan demam saat anak tumbuh gigi? Ada dua alasan utama mengapa tumbuh gigi dan infeksi terjadi pada waktu yang sama.

Artikel13/03/2023

Cara Mengatasi Anak Flu Batuk Saat Nafsu Makannya Menurun

Tak hanya terjadi pada orang dewasa, flu dan batuk yang dialami oleh anak-anak juga bisa membuat nafsu makannya menurun. Yuk lihat beberapa cara mengatasi anak flu batuk saat nafsu makannya menurun berikut ini.

Artikel29/11/2022

Bebas Ribet, Ini Dia Cara Alami Mengatasi Anak Flu Batuk yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

Flu dan batuk menjadi penyakit yang paling banyak dialami oleh anak-anak. Pengetahuan mengenai cara mengatasi anak flu batuk di rumah secara sederhana dan alami berikut ini tentu sangat diperlukan.

Artikel08/08/2022