ARTIKEL

TIPS MEWASPADAI FLU PADA ANAK DAN CARA MENJELASAN COVID-19 SECARA SEDERHANA PADA SI KECIL

Saturday, 16 May 2020

SHARE      

Tips Mewaspadai Flu Pada Anak dan Cara Menjelasan Covid-19 Secara Sederhana Pada Si Kecil

Pandemik COVID-19 memang sukses menimbulkan kepanikan di berbagai kalangan masyarakat. Pasalnya, fenomena inilah yang menjadi ancaman besar bagi kesehatan masyarakat luas mulai dari anak-anak hingga lanjut usia di Indonesia bahkan seluruh dunia sejak awal 2020 lalu. Meski virus ini lebih banyak menyerang mereka yang berusia lanjut, namun sebagai orangtua kita harus tetap melindungi buah hati dari bahaya virus yang bisa menyerang kapan saja.

Sebagai langkah awalnya, Moms bisa mencari tahu seputar tips mewaspadai flu pada anak dan juga cara menjelaskan COVID-19 pada Si Kecil dengan cara yang sederhana dan mudah mereka pahami. Bagaimana, ya?

Tips Mewaspadai Flu Pada Anak

Masifnya pemberitaan seputar persebaran virus corona mau tidak mau membuat kita sebagai orangtua merasa panik akan kesehatan anak, apalagi saat anak mulai merasa kurang enak badan, flu, pilek, atau batuk yang cukup mengganggu aktivitasnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, simak beberapa tips mewaspadai flu pada anak yang bisa Bunda lakukan berikut ini.

  • Menjaga kebersihan dan kelembapan rumah. Tujuannya adalah untuk mencegah agar bakteri, virus, atau debu yang menempel di tangan masuk melalui hidung dan menginfeksi tubuh. Jaga juga kelembapan udara di rumah dengan cara mengatur sirkulasi udara atau bisa juga dengan memasang diffuser untuk mencegah virus dan bakteri penyebab flu berkembang biak akibat kelembapan udara yang terlalu tinggi.
  • Tidak mengajak anak ke tempat yang ramai dan banyak orang sakit. Hindari beberapa tempat di mana banyak terdapat orang sakit, seperti rumah sakit, klinik, atau mengunjungi saudara yang sedang tidak sehat. Sebaliknya, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk melakukan berbagai aktivitas menarik di rumah, mulai dari belajar, menggambar, atau hobi Si Kecil lainnya.
  • Mengajak Si Kecil untuk rajin mencuci tangan. Ajak Si Kecil untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir untuk mencegah masuknya virus dan bakteri melalui tangan, terutama setelah beraktivitas atau memegang benda tertentu di rumah.
  • Memastikan bahwa Si Kecil memiliki waktu istirahat yang cukup. Tidur selama delapan jam setiap harinya bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil agar mereka tidak mudah terserang penyakit, seperti flu dan batuk.
  • Memenuhi kebutuhan air minum juga merupakan tips mewaspadai flu pada anak yang paling cocok dilakukan selama #dirumahaja. Saat kebutuhan air dalam tubuhnya terpenuhi, maka tubuh bisa terhindar dari dehidrasi yang akan membantu mempertahankan suhu tubh yang normal.
  • Memerhatikan asupan nutrisi Si Kecil. Pastikan bahwa Si Kecil mendapat asupan nutrisi yang cukup dengan memberikan sayuran hijau dan buah-buahan dengan baik. Vitamin dan mineral penting di dalamnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak sekaligus mendukung tumbuh kembangnya agar berjalan dengan baik.

Lalu, Bagaimana Cara Menjelaskan COVID-19 Pada Anak?

  • Membatasi Penggunaan Gadget dan Media Sosial
    Sepanjang tahun 2020, tak hanya kita orang dewasa, anak-anak juga terpapar pemberitaan yang ada di media seputar pandemik. Untuk itu, penting bagi kita untuk membatasi Si Kecil dalam memanfaatkan gadget dan media sosial agar mereka tidak mendengar pemberitaan yang mungkin saja tidak akurat dan hanya menimbulkan kepanikan berlebih.
  • Jelaskan dengan Kalimat yang Sederhana
    Saat anak mulai heran melihat banyak orang menggunakan masker di jalanan dan tempat umum, Bunda bisa menjelaskan bahwa ini adalah cara masyarakat agar tidak tertular atau menularkan penyakit satu sama lain, seperti flu. Dari sini kita bisa menjelaskan hubungan antara corona dengan penyakit yang pernah mereka alami (flu dan batuk), hanya saja penyakitnya lebih serius dan bisa bertambah parah jika tidak dicegah dengan baik.
  • Beri Pemahaman yang Menenangkan
    Biasanya anak akan lebih fokus pada cerita menakutkan seperti kematian yang disebabkan COVID-19, sehingga membuat banyak orang diharuskan bekerja dan belajar dari rumah. Namun, Bunda bisa memberikan penjelasan yang menenangkan dari hal ini, misalnya adalah kegiatan sekolah yang terpaksa diliburkan merupakan cara sekolah dan pemerintah untuk menjaga agar semua orang tetap sehat. Meskipun begitu, Si Kecil tetap bisa belajar dan melakukan aktivitas seru dari rumah dengan bantuan internet.
  • Menjelaskan Cara Mencegah Penularan Virus Corona
    Selanjutnya, Bunda juga harus menjelaskan dan memberi contoh mengenai cara mencegah penularan virus corona pada anak, diantaranya adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih secara rutin, menggunakan masker saat sakit, dan juga istirahat cukup untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Tips mewaspadai flu pada anak  yang disertai beberapa gejala lain seperti demam, batuk, dan sakit tenggorokan adalah dengan melengkapi persediaan obat seperti bodrexin Flu & Batuk PE untuk meringankan gejala flu yang disertai batuk berdahak atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE jika Si Kecil mengalami batuk tidak berdahak.

Saat Si Kecil mulai menunjukkan gejala flu dan batuknya, segera berikan bodrexin Flu & Batuk PE dan bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE sesuai dengan keluhannya. Kandungan Phenylephrine (PE) di dalamnya mampu meringankan hidung tersumbat dan aman untuk lambung anak-anak. Tak hanya itu saja, hadir dalam kemasan botol sirup rasa jeruk yang disukai anak-anak, membuat kedua varian obat flu dan batuk anak ini menjadi pilihan yang cocok dan menjadikan momen minum obat menjadi lebih menyenangkan.

Yuk, redakan flu dan batuk anak agar aktivitasnya selama #dirumahaja dengan membeli bodrexin Flu & Batuk PE atau bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak PE secara online di E-commerce kesayangan Bunda seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia agar lebih aman dan nyaman sekarang juga.

 

Source: id.theasianparent

  BACA JUGA

Lupakan Rasa Panik, Ini Dia Pertolongan Pertama untuk Anak Demam

Pada tubuh manusia, demam terjadi sebagai reaksi alamiah tubuh dalam merespon dan melawan virus serta bakteri yang masuk. Dalam kondisi ini, saraf otak mengirimkan pesan untuk menaikkan suhu tubuh sebagai pertanda bahwa sel-sel darah putih bekerja melawan

Artikel27/07/2020

Solusi Saat Buah Hati Terserang Flu dan Batuk Ketika Anak Belajar Berpuasa

Moms, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa berpuasa menahan lapar dan haus selama bulan Ramadan memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh manusia

Artikel13/05/2020

Pandemik Belum Berlalu, Tetap Waspada Penyebab dan Gejala Flu Disertai Batuk Pada Anak

Penyebab dan gejala flu disertai batuk pada anak adalah hal yang penting untuk kita pahami selama pandemik belum berlalu. Langkah awal yang bisa kita lakukan

Artikel11/05/2020